Monday, July 23, 2012

PONTEN


Mimpi buruk yang baru aja saya bayangin bener-bener terjadi kan. Baru aja semalem posting tentang keadaan saya yang memutuskan buat lost contact dengan HP. Dan bener aja, hari ini tepatnya pagi ini. Ada beberapa sms yang masuk dan saya udah mengerti sabda alam yang tercipta jika orang-orang ini sms saya dan menanyakan hal yang sama. Dan semua orang yang sms saya berjamaah pada nulis “spm dapet apa jai?” dan lain-lain dengan gaya bahasanya sendiri, cuman intinya ya nanyain nilai SPM. Saya males bales, dan males buka siakad juga buat ngecek nilai. Karena menurut pengalaman, dosen SPM saya ini pelit kalo  ngasi nilai dan perlu perjuangan buat dapetin nilai selain C sama D. paling mentok mah saya dapet C kali klo buat SPM ini.

Waktu pun berlalu, saya yang puasa ini jadi malah makin males buat sewotin masalah nilai. Kelar mandi dan bersih-bersih diri, maka saya langsung memutuskan buat buka laptop, online, dan ngecek nilai itu di siakad. Dalem hati saya sih palingan dapet C, sebelom ngecek siakad  saya juga ngecek grup dan newsfeed di FB yang membicarakan tentang make-up mata kuliah SPM ini yang makin membuat saya pesimis. Dan saya pun melangkahkan tangan saya buat ke siakad, tebak saya dapet nilai apa ???

Ya, saya dapet nilai C.

Apa yang terjadi dengan dosen dan nilai ini?
Saya ga mau nyalahin dosen, biar aja deh klo saya ini dianggap cukup yang rada mepet sama dia. walopun nilai C ini dianggap lulus, toh yang lain menganggap nilai C ini sebuah aib dan tabu buat didapetin. Saya santai aja, sempet pengen ikutan make-up buat ngulang matakuliah ini juga, tapi nanti pikir-pikir lagi deh. Saya juga #mengamati linimasa di twitter dan banyak yang menghujat dosen pengampu ini, dan mempermasalahkan soal matakuliah SPM ini. Ya emang udah watak ama kelakuan dosennya kaya gini sih, yang lain coba aja belajar nerima keadaan. Saya mah udah capek marah-marah dan sewot soal dosen yang satu ini, capek hati.

Terus saya lanjut buka FB dan chat dengan salah satu teman saya, teman yang menurut saya bisa jadi saingan saya :p namanya Wahyu. Dia sekelas sama saya dan saya chat dia duluan buat nanya perihal nilai SPM yang dia dapetin. Nasib dia sama kayak saya :p hahahahah ya paling gak kan banyak temennya yang dapet C, hahahaha. Terus dia juga cerita kalo dia baru aja nelpon dosen pengampunya buat minta transparansi nilai, fyi: dia itu ketua kelas di matakuliah ini. Dan si dosen pas ditelpon itu ga mau ngasih transparansinya ke wahyu. Yaudah wassalam. Ga bakal ada perbaikan klo ini mah, klo ada transparansi nilai kan senggaknya mahasiswa jadi pada tau nilai sesungguhnya yang dia dapetin.

Tapi biarin aja deh, kita kan emang hidup di negara yang menuntut sebuah nilai. Sedangkan nilai itu sendiri belum tentu berpengaruh dan berarti di kehidupan kita. Kadang ada beberapa nilai yang diagung-agungkan, kadang juga ada nilai yang dianggap sampah dan gak dianggap. Ngerti gak maksud saya?

Kemaren kayaknya pernah ngeliat yang ngebahas nilai gini, aduh lupa dimana tapi ya intinya itu. Nilai itu hanya sebagai symbol atau lebih tepatnya casing buat menilai seberapa tinggi harga kita dimata orang-orang. yang tau apa yang sebenernya ada di dalam diri kita sendiri ya cuman kita sendiri dan orang-orang yang  biasanya berhubungan langsung dengan kita, seperti keluarga dan sahabat-sahabat. Jadi jangan berpikiran sempit dong kalo jadi mahasiswa, nilai emang bagus sih buat diagung-agungkan, tapi mikir lagi deh seberapa banyak ilmu yang didapet, yang berguna, dan dapat diamalkan oleh diri sendiri ? jangan cuman bisanya menuntut nilai, tapi liat juga udah pantaskah kita mengamalkan nilai-nilai tersebut?
Gile omongan gue berat banget
Yaudah deh daripada makin banyak yang kesel gara-gara baca blog ini, mendingan kita sama-sama introspeksi diri aja. kali aja dapet sesuatu yang bener-bener bisa kita tonjolin dan bisa kita jadiin kekuatan buat membangun diri sendiri agar lebih baik *cailah
wassalam

No comments:

Post a Comment

orang ngebacot