Wednesday, July 25, 2012

JAMAAH OH JAMAAH


pergerakan saya selama liburan ini pasif  banget, makanya saya mencari kesibukan dengan mengkhayal yang makin gila pada saat sebelum tidur. kebiasaan ini kadang-kadang jadi boomerang buat diri saya sendiri, siapa sih yang ga nganggep aneh kalo ngeliat orang lagi merem tapi bibir cengar-cengir ? yaudahh saya curahkan saja semua khayalan yang saya bayangin itu kedalam sebuah  tulisan. kalo ada fotonya sih lebih kece lagi, cuman ga ada volunteer yang mau sukarela saya kerjain :p tulisan ini juga jadi salah satu email yang saya kirim ke MLSBGT sebagai contoh tulisan buat jadi kontributor, itung-itung iseng-iseng berhadiah juga, mehehehe. SAMPAH AH TULISANNYA SKIP

***

Assalamualaikum jamaah MLSBGT yang beriman namun juga berilmu. Diantara kalian yang muslim, di bulan puasa ini pasti kan pernah ngerasain yang namanya solat taraweh ? entah taraweh jamaah di masjid, musholla, ataupun di rumah aja. nah berikut ini akan kita tampilkan beberapa jamaah solat taraweh yang biasanya ada di masjid-masjid, makhluk-makhluk ini selalu meramaikan masjid di kala taraweh dengan caranya masing-masing, dibaca aja ya sapatau kamu salah satu diantara mereka, hihihi

Jamaah Ustadz : jamaah ini pasti selalu ada di setiap masjid yang mengadakan solat taraweh. Dengan perawakan yang kebapakan dan berkostum dengan nuansa islami, pak ustad selalu menentramkan hati kita dengan suara-suara nyanyian indah ayat yang dibaca dikala solat. Oiya tak lupa juga style andalannya adalah dengan memakai kaffayeh tapi bukan giring nidji, dan memakai peci. Di saat solat taraweh usai, pak ustad biasanya jadi artis dadakan karena dimintai tandatangan oleh jamaah pelajar yang diharuskan membawa agenda ramadhan setiap solat taraweh. Pak ustad juga selalu mengajarkan dan membawa kita kepada kebaikan dan selalu ramah kepada jamaah-jamaahnya.

Jamaah ibu-ibu rempong : jamaah yang jenis ini biasanya kumpul di satu saf dan berkelompok, ibarat anak-anak ababil jaman sekarang gitu deh. Di sela-sela ceramah, pasti ada aja celetukan-celetukan yang bikin keki dan sering bisik-bisik sama ibu-ibu disebelahnya buat menunaikan ibadah gossip. Ibadah jalan, gossip juga jalan ya bu? Mereka tidak mengganggu jamaah lain yang sedang beribadah, tapi kadang obrolan mereka bisa membuyarkan konsentrasi jamaah lain yang lagi pada focus mendengarkan ceramah atau tausiyah.

Jamaah remaja masakini : nah yang kayak  gini nih banyak banget dijumpai sepanjang saf solat masjid. Biasanya mereka adalah remaja wanita yang selalu eksis dan update dimanapun berada. Kalo ibu-ibu rempong mengisi waktu dengan bergosiip, jamaah yang satu ini selalu menyempatkan diri buat update status di twitter, facebook, atau PM BBM buat laporan TKP masjid yang lagi dia singgahin. Tak lupa juga saat solat berlangsung, hape yang ditaroh di depan sujudnya bergeta-getar karena ada sms dan ada lampu yang bikin konsentrasi buyar. Yang ini masih mending sih kalo di-silent, kalo hape  ga di-silent malah lebih ancur lagi keadannya. Biasanya jadi bahan lirikan ibu-ibu atau remaja lain yang ingin ibadah khusyuk namun ada gangguan seperti ini.

Jamaah bocah hiperaktif : jamaah yang macem gini biasanya berada di saf paling belakang remaja putra. Umurnya sekitar SD-SMP dan selalu bergerombol dengan teman-temannya. Di kala ada ceramah disela-sela taraweh, bocah-bocah ini malah berhamburan keluar untuk jajan di sekitar masjid dan sekali-kali membunyikan petasan untuk meramaikan suasana taraweh. Rame sih rame, tapi gak lagi pas taraweh juga kali tong. Bocah-bocah ini susah dibilangin dan keberadaan mereka akan selalu ada walaupun jaman sudah berjalan menua, namanya juga anak-anak.

Jamaah remaja masjid : mereka adalah contoh yang patut diteladani karena jasanya yang tidak terkira. Terdiri dari remaja putra dan putri yang mengabdi kepada masjid walaupun tidak dibayar apa-apa. Selalu membagikan kotak amal kepada jamaah yang sedang beribadah dan menjadi panitia-panitia di acara keagamaan. Keberadaannya sangat membantu para jamaah yang ingin menunaikan ibadah zakat dan mereka ini juga patut diacungin jempol karena keikhlasannya untuk mengabdi kepada agama.

Jamaah yang dimakan zaman : biasanya mereka adalah nenek-nenek atau kakek-kakek yang umurnya sudah hampir seabad namun masih semangat untuk melakukan ibadah berjamaah di masjid. Solat dengan penuh khusyuk dan tak jarang kita menemukan mereka terkapar di kursi roda. Keberadaannya mengingatkan kita untuk menyadari betapa besar kekuasaan tuhan, dimana mereka berada di usia senja namun tak patah semangat untuk selalu menunaikan kebaikan demi mencari ridho-Nya.

Jamaah nomaden : jemaah yang satu ini sulit dideteksi karena tempat solat tarawehnya berbeda-beda untuk setiap malam. Dengan maksud untuk bersilaturahmi dan berniat untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya, jamaah nomaden tidak mencari semata-mata ibadah saja, namun juga pengalaman berkenalan dengan orang-orang baru di tempat yang belum pernah dia datangi sebelumnya. Biasanya jamaah ini berdiri sendiri, independent dan tidak menghiraukan omongan orang-orang disekitarnya. Bisa dicoba buat kita yang pengen punya pengalaman dan ilmu lebih banyak.

Begitulah para jamaah masjid yang biasanya menghiasi masjid-masjid kita di kala taraweh bulan ramadhan. Kurang lebihnya hanya tuhan yang tahu, kalo jamaah sih cuman bisa lebihin bilang AAAAAAAAMIIIIINNNN pas surat al-fatihah kelar dibaca. 

No comments:

Post a Comment

orang ngebacot