Saturday, November 2, 2013

MOOD SWING

"Pada saatnya nanti, ku tak bisa bersembunyi. Kita pun menyesali, kita merugi" Debu-Debu Beterbangan - (Bottlesmoker-ERK RMX)

Apa yang ada di pikiran kalian kalo ngeliat orang sendirian di jalan dan berasa itu orang kayak ga butuh pendamping atau pasangan di hidupnya ? apakah merasa aneh atau malah pengen ngomong "ih kasian banget tuh orang sendirian ga ada temennya" Pasti adalah pikiran-pikiran kayak gitu. Atau kalo mau yang lebih enakan dikit, kali aja ada yang mikir "ih keren tuh orang sendirian tapi mukanya gak melas" AWKAKKWKAKWKAK kampret malah curhat. Hal ini bikin saya mikir, apa sih yang ada di pikiran orang-orang ketika melihat saya sendirian di jalan? entah lagi jalan kaki, lagi nguras bak, lagi nyinden, lagi makan, atau lagi boker di toilet antah berantah. Gak penting sih pikiran orang lain, saya malah merasa enak sih klo sendiri. Gak ribet nungguin orang dan bikin gedek, tapi kadang-kadang aja sendirinya. Jangan sering-sering soalnya saya masih labil, kadang pengen sendiri, kadang juga pengen ramean. Hehehehe

Seperti sabtu malam kemarin. Hasrat saya untuk melakukan aksi lonely night riding yang tidak tertahankan seakan semakin menggebu-gebu. Berbekal niat dan energi yang baru dicharge di siang hari sebelumnya, saya kuatkan tekad untuk menikmati malam di tengah hingar-bingar dan riuhnya kota Solo di malam hari. Malam minggu, malam dimana semua orang di kota ini mayoritas menghabiskan waktu di luar rumah. Malam yang bikin penuh sesak jalanan, dan saya sendirian mengarungi bahtera jalanan kemaren. Anggep aja lagi pengen nyari angin seger. Karena entah kenapa sepedaan sendirian di malam hari itu enak, walaupun sebenernya membahayakan diri sendiri juga. Berangkat jam setengah tujuh habis maghrib dari kosan, saya langsung capcus dengan berbekal doa dan bismillah semoga saya gak kenapa-napa di jalan.

Dengan rute seperti biasanya, melewati Mesen dan Pasar Gede untuk selanjutnya muter ke arah Gladak dan melewati Bank Indonesia, jalan lurus terus menyusuri area keraton Mangkunegaran. Area yang terkenal padat pas malam minggu begini karena ada Night Market di Ngarsopuro, ditambah ada resto terkenal yang lagi ngehip Cafe Tiga Tjeret dan Omah Sinten yang gak lekang dimakan jaman. Ada kali saya beberapa menit terdiam di trotoar pinggir jalan, menunggu jalanan kembali lancar karena saya males berdesak-desakan dengan kendaraan lain dan macet-macetan. Maklum yak jam terbang saya sepedaan belum se-esktrim teman-teman yang biasanya nyalip-nyalip naik motor. Saya mana bisa nyalip-nyalip, udah bisa jalan di sebelah mobil yang mepet banget ama trotoar aja udah syukur. Hehehehe, gak banyak saya menemukan pengendara sepeda di malam sabtu ini. Pada kemanakah kalian ? Kenapa pada bisanya ikutan acara massal kayak Solo Last Friday buat sepedaan? masa kudu nunggu momen dulu baru mau sepedaan? rame-rame pula, emang kenapa klo sepedaan sendirian? malu? apa males karena ga ada temennya ? klise sih. Palingan jawabannya ya gitu-gitu doang. Gak banyak saya melihat pengendara sepeda di sekitar kota malam itu, kalopun ada palingan juga pengendara sepeda tua yang bapak-bapak atau ibu-ibu gitu dah.

Apa cuma saya doang yang sepedahan dewekan gini ? sedih amat. Tapi biasa aja sih, kadang suka kesel kalo sepedaan rame-rame karena gatau tujuan. Klo sendirian kan enak, bisa bebas mau jalan kemana aja. Walopun kekurangannya ga ada temen ngobrol, malah asyik sendiri ngomong monolog dijalan diselingin nyanyi-nyanyi dibalik masker yang menutup sebagian muka saya. Ah, keindahan kota ini emang sayang banget buat dinikmati sendirian. Merunut waktu yang nampaknya sudah tidak lama lagi saya bisa menikmati suasana di kota ini, untuk itulah saya maksimalkan dan manfaatkan waktu yang tersisa agar saya bisa puas menjelajah kota ini. Walaupun sendirian, hehehehe.

Akibat kesotoyan saya dalam bersepeda, tiba-tiba saja saya sudah berada di Manahan. Deket kantor polisi manahan. Dan saya berhenti sejenak di trotoar yang diterangi cahaya lampu seadanya. Berharap ada kawan atau saudagar yang mau menculik saya, eh salah. Berharap ada yang mau menemui  saya. Untung saja perhentian yang lumayan lama di pinggir jalan itu gak sia-sia. Ketemu satu anak juga yang mau ketemu saya. Sebut saja dia manusia kurang kerjaan yang mau ngeladenin saya yang nyusahinnya minta ampun ini. Berasa mau nangis karena gak percaya, ini rute terjauh saya selama sepedahan sendirian. HAHAHAHA, mungkin lain waktu bisa menjamah area lingkar luar Solo, namun dengan persediaan yang mencukupi.

Karena kehadiran sosok kurang kerjaan itu, kegundahan hati saya pun sedikit menciut. Saya gowes sendirian gini juga bukan tanpa sebab. Bisa jadi karena lagi pengen bergerak, atau bisa jadi juga lagi pengen ngilangin suntuk. Pusing mikirin idup, mendingan seneng-seneng dulu di jalan sambil menantang maut. Dan sepedahan saya pun berakhir dengan peraduan mulut dan perut di kedai ramen favorit saya, Popipop Noodles Soup di area Metta FM. Padahal sebenernya saya ngidam Zuppa Soup-nya Zefa Soup di Manahan, namun lapaknya gak jualan. Kan enak malem-malem gini makan yang anget-anget, gak papa deh jadinya ngeramen aja. Masih untung ada yang mau nemenin, daripada dewekan lagi ? bodo amat deh emang gua pikirin. Udah sering makan dewekan dan udah sering juga dapet tatapan-tatapan aneh dari orang disekitar yang melihat saya dengan heran. Mungkin mereka heran kenapa ada orang seburuk saya bisa ada di muka bumi ini, HAHAHAHAHA. Oke skip

Terima kasih kepada sepedaku yang telah menemaniku dengan setia di setiap malam-malamku yang kelam. Walaupun malam ini tidak ada cahaya dari bulan, namun masih ada bintang yang tetap ada walaupun cuma sebiji juga yang kemaren saya itung. Dan makasih juga kepada pihak-pihak yang telah berhasil menaik-turunkan mood saya yang lagi labil menjadi makin slow dan makin susah buat mikir. Alhamdulillah aja deh buat malam kemarin. Saya gak bakalan melupakan semua kenangan di kota ini. Kota ini terlalu krusial, terlalu tragis, terlalu penuh memories, dan terlalu magis buat dikenang. Selalu ada cerita di kota Solo, berharap suatu saat bisa punya rumah dimari. HAHAHAHAH, gak papa ngayal aja namanya juga hidup. Abis klo mau punya rumah di Jogja, kotanya udah rame banget dan terlalu mainstream. Yaudah cari alternatif lain aja, semoga bisa terwujud.

 beberapa cerita bersamamu kembali
sepeda dan malam
Manahan, 2013
Terima duit dan bunga bank.
Tidak menerima ucapan terima kasih
#TAIDAH

No comments:

Post a Comment

orang ngebacot