Saturday, November 23, 2013

MENDADAK JAGONG

Assalamualaikum :D
Hehehhe, sekarang hari minggu dan kesiangan lagi dong bangunnya *uyeee* gara-gara semalem kecapekan mungkin. Emang abis ngapain? BANYAK. Bakalan saya ceritakan panjang lebar apa yang saya alami di malam minggu atau sabtu malam yang biasanya kelabu bagi para jomblowan dan jomblowati. Tapi klo saya sih biasa aja ahahahahah. Yuk mari kita mulai kisah yang WASSHOI (2) ini.

Ceritanya saya punya temen namanya Novita, dia udah sarjana dan udah kerja di salah satu KAP di Jakarta. Nah si Novita ini udah melangsungkan pernikahan dengan pasangannya yaitu mas Eja yang juga anak akuntansi FE UNS. Terus ???? Nah berhubung resepsinya belum dilaksanain, jadi mereka melangsungkan resepsi nikah di Solo dan Jakarta. Kenapa venue resepsinya ada dua? Lah masa saya beberin disini semua, berasa infotainment aje. Karena domisili pasangan Novita di Jakarta. Jadi Novita diboyong suaminya ke JKT, sedangkan kota asal Novita adalah Solo. Jadi biar keluarga mereka sama-sama bisa dateng, mungkin acara resepsi diadain di dua kota biar adil gitu sama-sama kebagian resepsi. Aduh sotoy bener ini gua ngomong, moga ga ada pihak-pihak yang tersinggung yah.

Lalu, Novita beberapa pekan yang lalu  mengundang saya untuk datang ke pesta nikahannya yang diadakan pada tanggal 23 November 2013 di Wisma Batari, Solo. Berhari-hari saya galauin ujian yang gatau kapan dilaksanakannya. Dan akhirnya hari resepsi mereka pun tiba. Berhubung saya ga tau kudu dateng sama siapa dan emang ga ada yang bisa diandelin buat nganterin saya ke tempat nikahannya, maka saya memutuskan untuk GOWES aka sepedahan ke tempat nikahannya Novita. Kalo dipikir-pikir sih edan juga, padahal sebelum memutuskan untuk berangkat dengan moda transportasi sepeda ini, saya udah dandan dengan baju yang ala-ala princess gitu *cuihhh* dan berharap ada siapa kek gitu yang mau nganter saya atau nemenin saya ke jagongan Novita. FYI: Jagongan is Kondangan dalam bahasa Jawa. Namun setelah perdebatan dan permohonan dengan beberapa kawan yang saya hubungi, mereka semua negatif jawabannya yaitu gak bisa nemenin atau nganterin saya ke venue acara. Yasudah karena emang udah niat dan ada amanah yang harus diselesaikan, maka saya ganti kostum. Yang tadinya dandan unyu-unyu make baju yang bahannya sangat soft, ganti make baju yang seadanya aja dan make kerudung yg seadanya juga. Yang paling fail, saya pake sendal crocs biasa. Maklum yeh mau perjalanan jauh, jadi kudu menyesuaikan dengan kostum biar enak juga gowesnya.

Lalu jam setengah 8 malem lewat saya berangkat ke tempat nikahannya dia di jalan slamet riyadi. Rute yang saya tempuh enak banget sih, cuma lewat pasar gede, gladak, terus melipir di citiwalk slamet riyadi dan akhirnya sampe juga di tempat nikahannya. Sampai di area wisma batari, saya langsung parkir tuh sepeda dan satpamnya melihat dengan tatapan aneh. Langsung buru-buru benerin kerudung dan menghapus keringat yang membasuhi muka saya yang kinclong ini. Nyampe gedung udah rame dan lagi pada makan suguhan yang disajikan. Ketemu beberapa temen seangkatan dan langsung duduk di kursi yang disediakan. FYI: jagongan disini gak prasmanan seperti yang biasanya dilakukan di resepsi-resepsi pernikahan. Melainkan suguhannya dinamakan dengan piring terbang. Kenapa begitu? karena tamu hanya diharuskan duduk di tempat duduk yang disediakan, dan makanan akan dianter oleh pelayan. Saya juga baru tau sistem kondangan di Solo kayak gini. Jadi saya duduk tuh baru nyampe sambil kipas-kipas biar keringet saya hilang. Lalu pelayan langsung menyuguhkan saya dengan piring pertama  berupa appetizer yang berisi kue dua potong, lalu disuguhkan piring kedua berisi timlo solo yang lumayan seger. Gile alhamdulillah banget tau aje gue lagi kelaperan jadi langsung disuguhin makanan, hahhahaha.

Lanjut lagi, si mempelai wanita sama pria mah ada di singgasananya. Sehabis piring pertama dan kedua disuguhkan. Piring ketiga yang berupa main coursenya pun diberikan oleh para pelayan. Biasanya sih isinya nasi dan lauk-pauknya, kemarin ya lumayan dikasih nasi sama banyak lauk. Cuman bedanya dengan prasmanan, sistem piring terbang gini bikin kita ga bisa milih-milih makanan karena makanan yang disediakan ya cuma yang disuguhin gini. Bagusnya sistem piring terbang gini, jadi bisa meminimalisasi budget katering. AHAHAHA, IMHO aja sih. Yaudah deh, lanjut piring ke empat dikeluarkan yaitu dessert berupa potongan es buah dan es serut. Lalu acara makan berjamaah pun telah selesai. Lanjut acara salam-salaman dan foto bareng dengan mempelai pria dan wanita.

Bagi yang belom pernah kondangan di Solo, cobain aja paling juga bisa planga plongo doang. Apalagi klo yang udah kebiasaan kondangan dengan cara prasmanan. HEHEHE, saya juga dulu gitu kok. Hanya bisa berkata dalam hati "lha kok nikahannya gini sih?" awkawkkwkkwk. Namanya juga tradisi, jadi ya kudu dilestarikan *apeu*. Btw sesampai di area nikahan, beberapa teman saya bertanya kepada saya, kira kira begini dialognya :

teman1: sama siapa jay kesini?
saya: sendiri kok
teman1: lho gak sama yg lain? naik apa?
saya: nggak, pada ga bisa dateng. Ngepit dong hehehe
teman1: ngepit motoran toh?
saya: sepedahan woy
teman1: edan koe jay

teman2: koe karo sopo?
saya: dewean kok
teman2: numpak opo?
saya: ngepit kok, heheeh
teman2: SERIUS?
saya: serius, tuh sepedaku diparkir diluar

saya: mas, aku sepedahan lho kesini
teman3: yang bener? pantesan dateng-dateng keringetan
saya: hehehehe -_-

Yah kirakira begitulah percakapan syok dari beberapa teman saya yang kaget pas tau saya ke kondangan naik sepeda. Mana yang lain pada dandan, saya mah pake baju seadanya aja karena menyesuaikan dengan kendaraan hahaah. Seketika saya jadi orang paling pendek karena gak pake wedges, padahal yang lain dandan all-out. Gapapa deh, tapi satu yang paling penting ACHIEVEMENT UNLOCKED : KE KONDANGAN SAMBIL SEPEDAHAN. HUAHAHAHAHA. Pulangnya, saya langsung ke kosan untuk siap-siap nongki lagi sama rakyat jelata. WKKWKAKWAKWKWKK. Abis kelar kondangan dan makan gratis, saya capcus buat nongki-nongki ngantuk sama cah-cah WM. Alhamdulillah aja deh buat hari ini. Pelajaran buat hari ini sih cuma satu, jangan pernah mengandalkan orang lain. Lebih baik ditangani sendiri aja klo emang bisa dilakuin sendiri. Yaudah deh, hahahaha. Siapa yang mau ikutan jagong sambil gowes lagi?

No comments:

Post a Comment

orang ngebacot