Friday, November 1, 2013

AKU BERJALAN MAKA AKU ADA

Saya adalah pejalan kaki

Ya, setelah ribuan kilometer telah ditempuh selama kurun waktu empat tahun terakhir ini. Akhirnya ngerasain juga jalan kaki yang sebenar-benarnya. Alangkah baiknya jika kita menilik ke belakang, lebih tepatnya di masa lalu. Dimana jalan kaki adalah salah satu makanan wajib saya tiap hari apabila ingin ngampus. Dikarenakan jarak antara kosan dan kampus saya lumayan deket (tapi jauh klo dipake jalan), ditambah saya ga punya harta benda buat dipake ngesot atau ngedrift. Jadilah jalan kaki adalah alternatif pilihan saya selama kurang lebih 4tahun belakangan ini, walaupun ada beberapa volunteer yang bersedia saya tebengin dan menyebabkan kebiasaan jalankaki semakin sirna. Dan beberapa minggu ini pun saya melanjutkan rutinitas ini kembali. Sebenernya tidak ada yang salah dengan jalan kaki, lagi pula saya menikmati perjalanan. Kecuali jika cuaca sedang tidak bersahabat, biasanya saya menghindari jalan kaki dikala matahari terasa terik di pelupuk jidat dan membuat badan saya sudah hitam makin menggosong. Anggep aja lagi tanning, gitu sih pembelaannya. 

Ada beberapa rute alternatif jika saya berjalan kaki dari kosan saya yang dulu buat sampe ke kampus. Karena berjalan kaki ini jugalah saya jadi tau seluk beluk kampus UNS. Hampir semua sudut fakultas di kampus UNS sudah saya singgahi dan saya jamah dengan berjalan kaki. Mulai dari fakultas teknik, ekonomi, fisip, hukum, fssr, kedokteran, pertanian, dan mipa. Dan kesemuanya punya landasan yang berbeda. Dengan berjalan kaki ini juga saya jadi lancar menunaikan kewajiban di jamban. Lu kalo mau lancar pencernaan, gausah jauh-jauh minum jus atau minum vegeta. Jalan kaki aja bolak-balik kosan-kampus-kosan, niscaya pencernaan lau jadi lancar. Dan dengan berjalan kaki juga membuat saya selalu berkeringat. 

Jadi inget tempo hari lalu. Saya mengikuti seminar bertajuk ACT (Action, Contribute, and Take), hajatan yang dibikin sama jurusan teknik kimia fakultas teknik UNS. Entah gimana caranya saya nyasar ada di acara fakultas lain, padahal jurusan saya akuntansi. Dan saya juga curiga, jangan-jangan saya doang anak ekonomi yang ikutin ini seminar, kayaknya sih gitu. Gak papa lah namanya juga seminar gratisan, apapun yang gratisan pasti saya ikutin. Mueheheh. Dan acara seminarnya ya lumayanlah, pembicaranya dosen muda dari teknik UNS yang cerita tentang pengalaman pribadinya sewaktu mengenyam pendidikan S2 di Korea Selatan. Bapak dosen muda ini bercerita sekaligus memotivasi mahasiswa biar bisa lebih baik kayak dia. Kalo dia aja bisa dapet beasiswa ke KorSel, kenapa kita nggak? ya kurang lebihnya yang saya tangkep sih begitu. Selain sharing tentang perkuliahan dan cerita tentang etos kerja budaya di Korsel sana, bapak dosen muda juga memberi pencerahan buat kita mahasiswa biar bisa semangat menjalani kuliah. *YAILAH pak*

Lanjut lagi, pembicara kedua ini yang kontroversial. Ada mas Stephanus Adjie, vokalis ben-ben metal yang paling ngehip di Solo Raya, Down For Life, sekaligus orang di balik acara tahunan yang dibanggakan scene rock di Solo, Rock In Solo. Beliau cerita dan sharing tentang gimana sih caranya kok bisa membuat acara sebesar ini. Gimana sulitnya bikin acara segede kayak gini, dan banyak gojekan lainnya yang lumayan buat hiburan di kala sore hari yang bikin ngantuk. Nampaknya Mas Aji ini juga kontroversial sosoknya di mata anak muda Solo, hehhehe bisa dilihat betapa bencinya si Danang ama doi, wakakakak. Kalo saya sih netral-netral aje. Lagian juga kan saya kaga doyan metal-metalan, lau mau bikin acara rock-in-solo kek, saya juga males nonton karena beda aliran *tsahelah*. Selain cerita tentang festival metal-metalan yang ditunggu sama anak-anak muda Solo, doi juga bagi-bagi tiket RIS gratis. Masih dengan pemikiran yang sama, saya gak minat nonton RIS. heheheh, mungkin klo ada festival lain yang sejenis saya bisa saja nonton. Asalkan isinya gak ben-benan metal semua. Yaudah deh acara pun ditutup dengan ucapan alhamdulillahirobbilalamin.

Sepulangnya dari acara ini. Saya dan temen ngebolang saya, Benedicta memutuskan untuk berjalan kaki ampe kosan. Bukan karena apa-apa, tapi karena emang penasaran pengen jalan kaki aja. Lagian klo naik bis ampe depan gang kosan abis 4rebu buat dua orang, padahal jaraknya juga gak jauh-jauh amat. Yaudah deh jalan kaki lewatin dua lampu merah di jalan Ir. Soetami, dan kendala yang paling besar adalah MENYEBRANG JALAN. Sungguh menyebrang jalan ini gak bisa semua orang bisa, untungnya berkat jam terbang yang tinggi dalam berjalan kaki, saya dan Bene bisa menyebrang jalan yang segede alaiumgambreng ini. Waktu tempuh dari kampus sampe kosan kira-kira 20menit atau lebih.

Lalu acara jalan kaki ini berlanjut lagi keesokan harinya. Saya dan Bene yang lagi suntuk memutuskan buat naik bis ke Grand Mall. Biasa ye ngadem, pitstop pertama di GM dan kita ga ngapa-ngapain disana. Cuma liat-liat sama nongkrong makan eskrim gocengan doang di foodcourtnya. Tipikal mental-mental mahasiswa gembel ya kayak begini ini deh, hehehe. Abis menggabut di GM, lanjut jalan lagi. Melewati dua lampu merah di jalan slamet riyadi, dan kita pun sampai di Gramedia. Disana juga ga beli buku, melainkan foto-foto doang karena lagi ada pameran drawing, tipikal mahasiswa-mahasisa gembel pun makin menampakkan jati dirinya. Males baca karena lagi gak pengen baca juga, yaudah sore itu diabisin di Gramed buat liat-liat buku yang lagi didiskon gede-gedean. Sampe maghrib disana dan kita pun lanjut jalan lagi. Kali ini lewatin satu lampu merah lagi, dan kita melipir belok kanan dikit buat ke Singosaren. Ya namanya juga mental gembel, si Bene mampir ke Eraphone cuma buat ngecek harga handphone. Dan kita pun masuk ke mall matahari singosaren, dengan niat yang sama. Cuma pengen liat-liat aja. HEHEHEHEHE, sakit jiwa emang. Dan dengan segenap rasa lapar yang mengguncang jiwa, kita pun hanya bisa menatap counter KFC di bawah mall sambil menatap nanar ke dalam, padahal lagi kelaperan dan kita pun labil mau makan KFC apa gak. Emang dasar gembel, cuma bisa menatap dari luar dan akhirnya ga jadi makan di KFC karena paketan Attack udah ga masuk jamnya.

Akhirnya kita jalan lagi, gagal makan KFC karena kegembelan itu. Dan kita malah jalan melewati McD,,,,,, melengos doang ga berani nengok. Daripada nanti malah makin ngiler, perlahan kita berdua jalan dan kita pun berhenti di toko pusat asesoris dan cenderamata grosir eceran, QUEEN. Si Bene yang belom pernah kesini yaudah sekalian mampir, mana di dalam sumpek bener. Jujur aja di dalem toko saya udah pusing beneran, mau pingsan rasanya dan kaki mau copot akibat perjalanan super geblek ini. Akhirnya pergumulan di dakam queen yang awalnya cuma liat-liat doang, berakhir dengan pembelian satu botol parfum di pihak Bene. Saya? tetep gak beli apa-apa dong, HEHEHEHE. Lanjut lagi perjalanan kita, sempet pengen nyari makan karena saya udah ga kuat tapi apadaya males makan dipinggir jalan yang gak jelas enak apa nggak. Yaudah jalan dengan sisa-sisa energi yang ada dan tau-tau udah nyampe di lampu merah terakhir di jalan slamet riyadi, lampu merah nonongan! dan kita berdua nyebrang sambil lari-larian gara-gara pas kita nyebrang, tiba-tiba lampu udah ijo. Abis deh diklakson sama pengendara lain, dan kita sukses jadi bahan ketawaan orang-orang (kayaknye sih). Karena nanggung dan belom nemu tempat makan yang pas, yaudah jalan lagi ampe gladak. YA ALLOH INI KAKI MAU COPOT RASANYA, TELAPAK KAKI GUA AJA UDAH MATI RASA. Dan peraduan terakhir kita pun makan lesehan di depan gereja gladak.

Akhirnya perjalanan pun berakhir dan saya pun tepar. Untung deh malem-malem gini ada yang mau jemput. Padahal niatnya sih mau naik angkot aja, tapi berhubung angkot di kota ini sangatlah goib keberadaannya, yaudah saya minta jemput aja. Alhamdulillah sampe kosan dengan selamat juga. Pelajaran hari ini, berjalan kaki lah sejauh kemampuanmu karena klo belom ngerasain, bakalan penasaran terus. Misi saya dari dulu belum kesampean sampe sekarang, yaitu jalan kaki dari kampus sampe slamet riyadi. HEHEHEHE, butuh mental dan energi yang kuat nampaknya. Sayangnya belom menemukan sesosok orang yang mau diajak jadi musafir begini, karena klo ada barengannya pasti saya langsung capcus. ADAKAH YANG BERMINAT ?
kalo ga ada ya gakpapa, suatu saat juga bakalan terwujud sih. HAHAHAHA

keep walkin on!

No comments:

Post a Comment

orang ngebacot