Sunday, April 13, 2014

I KNOW THAT FEEL, BRO

Hai kaum kelas menengah ngehe *ngomong ama manusia di timeline* 
Jadi, gimana rasanya ngeshare semua momen kalian di media sosial ? apakah kalian merasa semakin eksis ? atau malah miris sendiri ? hehehhe, jawaban ada di hati kalian masing-masing. Saya sebagai manusia biasa yang ga ada yang bisa dipamerin, cuman jadi pemerhati dan pengamat linimasa ajah. Bagaimana keadaan orang jaman sekarang suka memberikan informasi yang sebenernya gak penting, tapi semua orang harus tau dan menjadikan hal yang dia lakuin adalah sebuah hal penting bagi orang lain juga. Kadang kita kudu tau batasan mana yang harus di share dan mana yang harus tetep ada di bagian privacy. BTW, saya ngomong kayak gini emang ngiri kali..... karena kaga punya path ama instagram yang kece kayak lu lu pada..... BAHAHAHAH *nangis di grup whatsapp..* ---> padahal isi grup semua udah pada hengkang gara-gara left group

Jadi. Mengingat status sosial saya kini masih abu-abu, peralihan antara mantan mahasiswi dan pencari kerja yang sedang berjuang. Maka saya mau cerita perihal fenomena yang terjadi belakangan ini. Yang saya paparkan disini gak harus menjustifikasi semua orang bakalan ngelakuin hal yang sama. Hanya saja menjadi gambaran dari potongan kecil dari sebuah industri yang akan membentuk kita di masa depan. 

Yang pertama adalah keadaan dimana ada seseorang yang sudah bekerja dan mapan di suatu perusahaan, namun dia gak betah di tempat dia bekerja dikarenakan lingkungan kerja atau faktor yang membuat dia gak betah disana. Saya udah nemu 3 orang dengan kasus kayak gini. Yang pertama temen saya cewe, udah kerja di KAP yang lumayan bonafit, gaji sangat lumayan buat fresh graduate, dan keuntungan lain yang bisa dia dapetin dari kantornya. Alasan dia mau resign apa sodara-sodara ? tak lain dan tak bukan adalah dia merasa menjadi auditor itu capek dan doi udah gak kuat. Iye juga sih, kudu lembur tiap peak season. Gak jarang harus pulang malem tiap hari, belum lagi klo disuruh tugas buat ngaudit klien yang diluar kota. Kalo saya sih, sebenernya pengen jadi auditor. Pengen banget soalnya berhubungan sama hal-hal yang mesti saya kulik. Berhubung insting bawaan dari lahir adalah bakat kepo, maka profesi auditor menjadi sebuah mimpi saya. Namun, yang terjadi dikalangan teman-teman saya sendiri, ternyata menjadi auditor itu gak gampang yes. Harus kuat fisik dan mental karena emang yang dibutuhin skill sama performa kerja yang bagus. Padahal saya pengen banget ngerasain berhubungan dengan klien langsung dan travelling around the world ngaudit klien :D ---> yang ini mah misi terselubung

Menjadi auditor adalah prioritas utama (mungkin) bagi lulusan akuntansi seperti saya. Siapa yang gamau sih jadi auditor di perusahaan BIG4, atau klo mau lebih bergengsi lagi jadi auditor di BPK atau BPKP. Itu mah rebutan lahan ama yang laen, tapi klo ditakdirin disuruh kerja disitu yang sapa yang mau nolak ? heheheh. Lanjut orang kedua, temen saya juga cewek, udah kerja jadi staff accounting di salah satu perusahaan swasta. Belum lama sih, tapi kok dia mau resign ? pertanyaan saya yang belum terjawab sampe sekarang adalah kenapa dia mau resign. Padahal kan cari kerja sulit sist. Mungkin dia mau ngelamar jadi asisten caleg di laga dewan tahun ini. Satu lagi temen saya cowo, udah lama dia mau niat resign dari perusahaannya. Tapi kaga kesampean ampe sekarang karena dia ga enak sama orang-orang kantornya. Yang ini baru realistis, soalnya dia pasti bakalan mikir klo nyari kerja sekarang sulit. Jadi ya kudu dibetah-betahin (kali dah) di kantornya sekarang.


Dari ketiga teman saya yang sudah saya paparkan diatas, benang merah yang mau saya ambil adalah. Apakah pengaruh gender mempengaruhi ketahanan mental seseorang di lingkungan kerja? apakah wanita cenderung bosan dan gak kuat menghadapi situasi di lingkungan kerja yang gak sesuai dengan harapan dia ? semoga gak ada yang jawab ini pertanyaan. Tapi klo ada yang mau jawab di comment ya gapapa sikk, soalnye kesian ini blog kaga ada yang komen selain saya sendiri :D Jika nanti saya dihadapkan pada posisi yang sama, apakah saya akan resign di waktu yang singkat ? dengan alasan tidak kuat dengan ritme kerja yang membuat saya lelah setengah mati, atau lingkungan kerja yang tidak bersahabat ? maka dari itu, sebelum saya apply ke kantor-kantor yang saya tuju. Biasanya saya riset dulu gimana perusahaan itu, lingkungan kerjanya, komen-komen dari orang yang lagi kerja disana dll. Biasanya saya mematok target perusahaan setinggi-tingginya, biar ekspektasi saya tinggi juga. Padahal kenyataannya, boro-boro dipanggil. Dibales emailnya juga alhamdulillah. 

Mungkin kasus tadi bisa diamati juga oleh pengangguran-pengangguran kurang kerjaan kayak saya, tapi selain itu adalagi fenomena yang membuat saya bergidik ngeri. Dari ketiga teman saya yang udah lulus dari taun lalu, masih banyak yang belum kerja dan masih mencari hidayah semoga mendapatkan kerja yang diinginkan. FYI, ketiga teman saya ini kuliah di Universitas Negeri yang kece tapi ga sekampus sama saya. Yang pertama, udah dapet kerja setelah 6 bulan nganggur dan usaha ikut-ikut tes kerja. Yang kedua, udah dapet kerja setelah 7 bulan nganggur dan idem sama temen saya yang diatas. Yang ketiga, udah 7 bulan nganggur tapi blm ada kerjaan yang sreg dan masih nganggur juga sampe sekarang. Dari ketiga sampel diatas, saya bisa ambil benang merah (cailah gaya bet), jikalau masa pengangguran atau masa transisi minimal wisudawan/sarjana sampai menemukan pekerjaan yang diidamkan adalah 6 bulan. Bahkan lebih. Sotoy aja sih nih, tapi ya emang gak salah juga sih.

Jadi misalnya dari waktu wisuda di bulan maret, ditambah 6 bulan dari sekarang kamu bakalan dapet kerja. Kira-kira saya dapet kerja antara bulan September sampai tak terhingga dong ? *nangis di hadapan ijasah* Betapa bahagianya para sarjana yang udah langsung diambil sama perusahaan selepas lulus. Berhubung lulusan sarjana makin banyak, jadi saingan juga makin banyak. Saatnya kita berkompetisi. Bahkan ini adalah ujian yang sebenernya, lewat dah tuh ujian SNMPTN, UAS, atau bahkan sidang skripsi klo dibandingin ujian mau masuk ke sebuah institusi. Semoga perjuangan kita semua membuahkan hasil ya kawan-kawan. I know that feel bro....

Gak ada salahnya juga klo masih nganggur dan nunggu kabar dari instansi2 yang kalian tuju, kita bisa upgrade skill sekaligus menambah kemampuan diri. Salah siji yang mau saya ikutin dari dulu adalah kursus masak, tapi buat apa kursus masak jikalau guru masak terbaik adalah ibumu sendiri ? *eaaaa* Terus... apalagi nih yang kudu diikutin ? mungkin bisa ikut sanggar tarinya Astri Welas, atau nunggu info open recruitmen jadi member JKT48. BAHAHAHAHASYU. Yang jelas, belajar bisa dari mana aja, bahkan dari got depan rumah juga kita bisa belajar. Bahkan dari tukang ngamen gila yang tiap sore ngamen depan rumah padahal suaranye kayak orang mabok ciu. Belajarlah selagi ada waktu dan kamu mampu, karena jika udah berhadapan sama dunia kerja. Enyahlah semua kebebasan itu, free time yang kita punya cuma pas weekend. Jadi bersenang-senanglah kalian sebelum kalian dikurung oleh tugas dan industri :D

Semoga tulisan ini memberi pencerahan, klo gak cerah pikiran elu pada abis baca ini tulisan. Coba beli lampu petromaks, atau beli lampu hemat energi yang ceban dapet tiga. Kurang lebihnya punya saya, selebihnya punya bunda dorce. BTW..... Kangen banget ama yang di Solo, teman-teman, suasana, dan kotanya.... heuheuheu

*salam kecup dari layar laptop*

No comments:

Post a Comment

orang ngebacot