Saturday, February 8, 2014

SOMEDAY, SOMETIMES

Assalamualaikum.(ala Ficocacola)
Halo saya udah dirumah loh *ga ada yg nanya* HAHAHAHAH gapapa mau ngasih tau aja, sapatau ada kawan-kawan kurang kerjaan yang sesama pengangguran dan butuh temen untuk menggila bersama, saya siap dipanggil dengan syarat dan ketentuan berlaku pastinya. Sebenernya mau nulis yang panjang, soalnya saya hutang satu (atau banyak) cerita yang mungkin udah lewat beberapa minggu. Nah maka dari itu, mumpung udah banyak yang pengen diceritain didalem kepala mendingan langsung dimuntahkan saja kedalam laptop saya tercinta ini.

Alkisah, ada seorang (atau seonggok) gadis yang bernama Astri. Astri ini udah tua umurnya, melebihi saya karena dia kelahiran tahun 80an. Sedangkan saya adalah remaja tanggung menuju kadaluarsa yang lahir di tahun 91. Kira-kira seminggu yang lalu, saya pergi bersama Astri menuju Tawangmangu untuk menghadiri konferensi monyet-monyet se-Karesidanan Solo Raya. Disana saya melihat pemandangan air terjun yang lumayan bikin tercengang soalnya ketinggian airnya tinggi banget. Disana, saya gak hanya sama Astri aja soalnya ada lagi satu orang yang ikut dalam piknik kali ini, namanya Daigo. 

Dengan sangat terpaksa, Astri ditinggal soalnya keadaan yang tidak memungkinkan mengingat usianya yang sudah uzur jadi dia ditinggal di luar komplek air terjun, maafkan kami ya Astri. Kami gak bermaksud meninggalkanmu sendirian diluar, kami hanya tidak ingin usiamu hanya sebentar. Maka beristirahatlah kamu dengan tenang di luar area air terjun sambil sowan sama monyet-monyet yang berkeliaran ya. Saya pun melanjutkan perjalanan ke air terjun dengan si radio rusak yang kali ini terlihat sangat excited, soalnye kita bakalan JALAN-JALAN MEN yang sebenar-benernya. 

Disepanjang perjalanan, diisi  sama rekaman yang sengaja kita bikin buat video. Jadi ceritanya saya jadi reporter buat ngabarin klo kita lagi dimana, ngapain aja, ada apaan aja, dll. Ngemeng-ngemeng saya jadi lupa itu video dimana ya, abis belom diliat lagi. Klo diedit kan lumayan yah bisa bikin travel series kayak JJM hahahaha. Nyampe di air terjun grojogan sewu beneran dan udah banyak orang-orang yang pada nyemplung kesana. Berhubung saya lagi males basah-basahan dan emang ga niat mau nyebur, jadi saya sama Daigo cuman foto-foto aja disana ampe gila. 

Oiya sebenernya inti dari perjalanan kali ini bukan pas di air terjunnya itu, tapi yang paling penting adalah bagaimana si Astri  berjuang menaiki jalanan Tawangmangu yang sangat ekstrim itu dan untungnya dia berhasil menaiki tanjakan, dan jalan yang meliuk-liuk. Mama dan papa pasti bangga sama kamu Astri, sayang orangtuamu sudah meninggalkanmu dan kamu sudah menjadi JAMUR (Janda dibawah umur). Saya sangat syok karena saya bisa sama Astri untuk menuju TW ini karena saya kira Astri ga kuat buat menempuh jalur yang gak biasanya ini.

Kembali lagi ke air terjun, entah kenapa saya merasa kawasan air terjun ini ada unsur magisnya. Karena ada banyak monyet yang saya liat disekeliling tiba-tiba kawin dengan seenak jidat. Jadi, bayangkan ada monyet jantan yang tiba-tiba menjadi brutal dan langsung kawin sama monyet betina yang mungkin belum siap untuk dibuahi. Emang dasar binatang ga punya otak, kawin bisa dimana aja dan kapan aja, lah kalo manusia kayak gitu mau diapain ? dipancung iye =_= semoga apa yang saya liat kemarin sudah lulus sensor dan saya masih menjadi gadis lugu yang gak tau apa-apa :D

Di perjalanan pulang pun Astri kembali sehat seperti semula, dia sangat kuat sampai pada akhirnya di malam hari dia semakin gahar dan semakin JEBREEEEET hahahaha. Kenapa saya bisa sama Astri terus ? gatau kenapa, mungkin takdir yang mempertemukan kita. Pada awal pertemuan dan kencan dengan Astri aja saya sempat ragu dan banyak pergolakan saat jalan bareng sama dia. Tapi semakin kesini, saya semakin bersahabat dengan dia dan saya mulai mengerti dia yang mungkin belum dimengerti oleh orang lain yang pernah kenal sama dia.

Malam itu, kami kembali ke tempat yang penuh kenangan, Popipop Metta. Saya emang udah ngidam pengen kesana dan pengen makan popipop sebelum perjalan saya kembali ke ibukota, untung Daigo dan Astri mengerti saya. Jadilah kita makan malam disana, makan menu baru yang lagi diskon :3 rasanya lumayanlah, tapi belom bisa menyaingi Dried Shrimp yang bisa bikin saya menghabiskan satu mangkok sampe kuahnya abis. Malam itupun ditutup dengan sangat capek karena kita udah menaiki dan menuruni tangga sebanyak 1250 di kawasan air terjun itu. JALAN-JALAN MEN EDISI TAWANGMANGU DONE.

 dapet salam dari monyet yang lagi pada kawin
enak ye bisa kawin dimana aja
dasar monyet =_=

Keesokan harinya, saya jalan lagi sama Astri. Kali ini ke Sannin Party di Unisri, Sannin itu acara jejepangan dimana ada band competition, bazaar makanan, toys, action figure, komunitas, cosplay, dance dll. Nah disana saya juga ninggalin Astri sebatang kara karena saya mau mengulik lebih dalam apa yang saya dan Daigo rasakan *ceilaaah*. Harusnya sih masuk ke acara ini bayar 10k buat tiket, tapi berhubung kita adalah anak-anak yang cerdas dan gamau rugi, maka kita muter lewat jalan setapak yang tau-tau udah nyambung ke dalem UNISRI, TARAAAAAA keren kan kita masuk ga bayar, huhahahahhhaa. 

Disepanjang acara, saya liat-liat keadaan sekitar sambil survey-survey kali aja ada jajanan yang bikin ngiler. Banyak ketemu anak Onkei dan kita malah diceng-cengin disana, untung udah sarjana (lah apa hubungannya =_=). Lalu masuklah kita ke dalam sesi curhat terselubung, saya sama si radio rusak mengutarakan cerita dan pengalaman masing-masing perihal masa lalu. Lagi asyik dan khusyuknya cerita sambil menikmati hujan yang bikin adem, KENAPA MALAH DIGANGGU SAMA SESOSOK IMBISIL YANG BERNAMA ANGGA??? KENAPA ANGGA DATANG DAN MUNCUL DI KALA SITUASI LAGI ASOY GINI ? BAGAIKAN KIAMAT DUNIA T____T. Saya sebenernya udah ngeliat Angga dari kejauhan, tapi begonya kenapa saya malah ngeliat dia saat dia lagi ngeliat saya ?!?!?!? 

Hancurlah sudah masa depan. Angga muncul di hadapan saya dan langsung membuyarkan suasana, manggil “mbak jayko” seperti biasa dan dia terlihat sendirian kemana-mana. Semoga Angga menerima kode saya klo sebenernya saya gamau digangguin sama dia, tapi entah kenapa tiap lagi duduk pasti si Angga dateng lagi dateng lagi. Ya Alloh apa dosa hamba, sampai-sampai engkau selalu menghadiri Angga di hadapan saya. Jika ini adalah cobaan duniamu, maka ijinkanlah aku melewatinya agar aku bisa selalu bersama dengan belahan jiwaku saat ini (doa nya beneran wkwkwkwk). Pengen banget complain sama Jalu, kenapa dia melepas Angga sendirian di hari minggu itu. Menurut penuturan kakaknya, Angga lepas dan melarikan diri dari penjara Gulon sendirian. Jadi si Jalu ga bisa menahan Angga buat gak meracau kemana-mana. Semoga Angga jadi orang yang bener ya biar gak banyak hatersnya :p

Lumayan lama nih di Sannin soalnya sambil jalan-jalan dan liat-liat juga. Sayangnya kita ga bawa kamera, jadi hanya mengabadikan beberapa momen dengan kamera Hp. Gapapa deh yang penting sarjana (apa hubungannye woy) hahahhha. Dan malam pun datang, menjadi seseorang yang selalu ada disampingmu di saat-saat memorable ini membuat saya semakin merasa bahagia. Saya menyesal kenapa kita kenal disaat-saat terakhir kayak gini, karena jika kita udah kenal lama mungkin kita bakalan lebih mengenal lebih jauh dan ga bakalan ada kecanggungan di hati.

Ini yang bisa mengerti cuman si radio rusak, hehehe. Dan perjalanan paling ga bisa saya lupain pas sama Astri ke jogja. Dengan cuaca yang labil, sore-sore dia nyamperin saya ke kampus abis ketemu sama dosen. Udah sore dan saya ragu apakah dia bakalan jadi mau nemenin saya ke Jogja. Ternyata beneran dijabanin dan tau-tau kita udah Jogja aja. Ga nyangka saya bisa jadi jumper dengan hanya bermodalkan helm doing hahahah.  Ke alun-alun selatan niatnya mau jalan diantara dua pohon yang punya cerita itu, tapi jalanannya lagi becek jadinya cuman jajan baso bakar aja disana. Sambil muter-muter jogja sampe nyasar dan gatau arah jalan pulang karena GPSnya di hp mokat, tapi untung deh masih bisa makan nasi padang walaupun sepiring berdua :3

Ini bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan awal dari sebuah perjalanan. Pas nyampe di Solo, saya malah melakukan sebuah pernganuan suci yang cuman saya sama empunya Astri yang tau. Semua hal yang sekiranya penting dalam hidup saya, pasti bakalan saya inget walopun kadang samar-samar lupa. Pun kiranya di masa depan bakalan ga kayak keadaan yang kita prediksiin, semoga perjalanan di masa lalu ini menorehkan cerita manis dan penuh kenangan di awal tahun. 

Puncak kebahagiaan yang gak bisa saya percaya ya pas keesokan harinya saat saya mau pulang kembali kepelukan orangtua tercinta. Dulu, stasiun balapan yang selalu meninggalkan cerita manis (dan pahit) dalam hidup saya. Sekarang, rada jauhan dikit di stasiun Purwosari yang jadi tempat yang penuh kenangan. Mungkin saya berasa jadi kayak anak kecil yang barang-barang bawaannya ditenteng sama kakaknya, dianter sampe masuk peron bahkan sampe masuk ke dalem keretanya. Seumur-umur tiap balik ke Jkt dari Solo ga pernah ada yang nganterin sampe masuk peron, hahahah :v palingan juga ketemu temen yang satu kereta dan akhirnya ada barengannya buat masuk peron. Terakhir dianter sampe ke dalem kereta malah taun kapan ya, pas dianter sama bapake sebelum ada pemberlakuan bates penganter cuman boleh sampe luar aja.

Detik demi detik waktu pun berlalu, entah kapan lagi saya bisa ketemu orang kaya gitu. Perlahan kereta pun jalan dan dia melangkah pergi buat turun dari kereta. Menunggu kereta saya jalan dari luar, dan meninggalkan senyuman yang penuh tanda tanya karena saya gatau apa yang dia rasain saat itu. Klo saya sih, sepeninggal kereta yang jalan meninggalkan stasiun. Saya diem dan cuman memandang dari dalam jendela. Untung gak mewek karena saya terlalu kaget dan terlalu ga bisa mempercayai hal yang baru saja terjadi. Saya kan orangnya gampang pesimis dan gak percaya hal-hal yang kayak mimpi, jadi maklum aja klo cuman bisa diem cengo mengingat keadaan kayak gitu.

 Kalo aja semua yang terjadi bisa dengan sangat lancar tanpa tekanan dari pihak manapun, mungkin ini bakalan jadi akhir yang udah ketebak jalan ceritanya. Namun, karena masih ada tekanan dari beberapa pihak, saya gak bisa sesumbar dan ga mau berharap banyak. Ngarep ya pasti ada, cuman kembali lagi ke kenyataan siapalah saya ini. Jadi inget pas lagi ngubek-ngubek fb sendiri, saya nemu status yang pernah saya tulis di tahun 2012…. Isinya tentang pengharapan yang tak kunjung usai

“Takkan lelah kuberhenti mengejar, meski di pelupuk mata sudah tak tampak” ini kata-kata tercetus begitu saja di akhir tahun 2012. Mungkin saya lagi putus asa saat itu, bahahha. Tapi untuk mau lebih lengkapnya kenapa saya bisa nulis kata-kata galau kayak gitu, mendingan kamu mencoba mengerti diri saya lebih dalam. Karena masalah saya dari dulu kan itu-itu aja :D saya sebenernya orang yang paling males update status di facebook karena kejahatan dari komen di fb lebih menyakitkan daripada mention di twitter wkwkwkkw. 

Yaudah sebagai penutup tulisan yang sangat bikin mikir ini, ijinkan saya mengucapkan banyak terima kasih kepada kamu, yang selalu hadir dalam mimpi-mimpi saya. Menjadi sosok panutan yang mungkin sebenernya belom cocok jadi panutan buat berumah tangga, tapi saya yakin kamu mampu untuk menjalankan amanah apapun. Saya yakin kamu akan menjadi sesosok pria yang dewasa dan sukses dengan caramu sendiri cepat atau lambat, karena saya tau kamu itu pintar. Kamu pandai bergaul dengan siapa saja, semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orangtua.  Pikiranmu jauh ke depan, berbeda dengan saya yang masih berpikiran hanya di comfort zone saya. Jika memang kamu mengijinkan, maka bimbinglah saya untuk menjadi lebih baik. Mungkin saya belum menjadi apa yang kamu mau saat ini, tapi saya akan berusaha menjadi orang yang lebih baik dengan atau tanpa dukunganmu. 

Apakah saat ini saya bahagia ? ya, saya bersukur bisa sampai ke titik ini walaupun banyak lubang yang menghantui.
Someday, we will gonna find our way together…..

No comments:

Post a Comment

orang ngebacot