Tuesday, November 11, 2014

KAMPUNGAN BINGITZZZZ

Di Jakarta banyak sekali fenomena alam bermunculan. Yang kali ini mau saya bahas adalah fenomena yang tumbuh akibat ketidakmerataan pembangunan. Dengan titah orang kampung di kota versus orang kota di kampung, lebih beradab mana diantara kedua jenis tipe manusia yang tumbuh akibat ketidakmerataan pembangunan ini ? berikut akan saya berikan beberapa jenisnya yang sudah pernah saya temui sebelumnya.

1. Situasi : saya sedang berada di dalam metromini jurusan Senen-Pondok kopi yaitu 47. Seperti biasa saya duduk dengan keadaan tas ransel saya pindah ke depan karena mencegah tindakan yang tidak diinginkan dari orang iseng disekeliling saya. Berhubung saya ga punya recehan, makanya saya ngitung duit recehan yang ada di dompet. Ongkos metromini ini 3ribu rupiah, karena ga punya duit kertas alhasil saya bayar pake pecahan 500 perak 5 biji, 200 perak dua biji, dan 100 perak sebiji. Jadi gopeannya lebih banyak kan daripada ratusannya ? Lalu setelah kenek muter buat nagih ongkos, saya bayar tuh pake duit logaman. Abis itu si kenek yang ternyata cewe dan lagi hamil langsung nyeletuk "besok-besok klo bayar jangan pake dua ratusan". Dalem ati: buset ini orang baru jadi kenek metromini aja udah sombong, pake acara ga mau nerima duit logaman. INI DUIT LOGAM KAN DUIT JUGA KELEUS. Untung masih sabar, klo gak udah saya jorokin tuh ibu-ibu hamil ga jelas.

Solusi: demi mengurangi tingkat kemalasan kenek metromini yang kadang ga beradab. Mungkin duit recehan bisa diganti sama duit elektronik atau duit yang ga ada wujudnya. Kesel banget kemaren sumpah, berasa paling bener tuh kenek. Emang dengan bayar pake duit kertas menjamin bakalan efektif juga? Kenapa duit logam masih sering di anggap sebelah mata sama orang-orang kayak gini? padahal kan duit logam masih sah dan berlaku sebagai alat tukar di Indonesia. Karena kasus ini, maka orang kampung di kota masih ada dan berkeliaran di sekitar anda. Adabnya bagaimana ? ya pikir aja sendiri klo kamu masih berpendidikan atau gak.

2. Situasi : lagi di kantor klien yang merupakan perusahaan yang gedungnya itu semi pabrik. Jadi setiap karyawan setiap istirahat dapet jatah makan siang di kantin perusahaan yang bekerja sama dengan salah satu katering. Dengan cara mengantri dan memakai kupon setiap makan siang, diharapkan cara ini akan lebih efektif daripada harus ambil dengan cara yang anarkis. Saat itu saya sedang mengantri, urutan yang harus diambil pertama kali adalah piring - sendok - nasi - buah - lauk - sayur. Saya udah megang piring dan sendok dan mau ambil nasi, tiba-tiba dari arah samping ada mba-mba yang nyalip mau ambil buah. Saya heran kenapa ni mba-mba bisa ada disini soalnya antrian dia ga keliatan. Terus dia marah-marah ama petugas katering "mas buahnya jangan ditaro disini dong" saya diemin aja karena urutan saya udah bener. Sambil cuek saya ambil lauk plus sayur saya.

Gak beberapa lama, saya duduk di meja makan dan di meja belakang saya ada tuh mba-mba yang tadi nyalip sambil ngedumel sendiri sambil banting-banting kursi. Mungkin dia kesel karena saya nutupin jalan dia buat ambil buah. Padahal jelas-jelas di depan mata antrian saya udah bener. Temen saya yang ngeliat dia ngomong "Sari, tadi lo nyalip mba-mba di belakang lo ya ?" trus saya bilang aja "nggak kok, antrian gw udah bener. Tuh mba-mba aja yang nyalip". Yang lucu, bukannya saya yang mestinya marah-marah, tapi malah dia yang banting2 kursi kayak orang kesetanan. Karena kasus ini juga, makin banyak orang kampung yang ada di kota. Klo bisa bilang sih kayak gak pernah makan aja. Ga punya sabar banget dan kayak ga dikasih jatah aja ama suaminya sampe pelampiasannya harus ke orang lain. Ni perusahaan emang orang2nya rada freak gitu. Udah berasa paling penguasa dan berasa bangga banget kerja disini. Padahal aslinya diisi sama orang-orang gak beradab kayak tadi.

Solusi : demi kelancaran makan siang karyawan perusahaan ini, gimana klo dibuat makan siang semi militer. Jadi  makannya dengan porsi banyak tapi lauknya cuma tahu tempe, udah gitu dikasih waktu cuma beberapa menit jadi gak bisa dikunyah. Jadi selain efektif untuk mengurangi waktu istirahat karyawan yang gak beradab, mereka juga diajarkan untuk disiplin. WKWKWKKWKWWKK

3.Situasi : karena tiap berangkat ke klien saya selalu dianter sama bapakke ataupun abang saya, jadi saya selalu turun di depan gerbang kantor atau didepan pintu masuk persis. Saat saya abis dianter bapake, ada satpam yang ngomong ke saya "mba yang tadi dianter naek ojek ya?" hhmmmm ni satpam sok tau apa emang paling pinter karena bisa nebak seenaknya aja. Trus kejadian barusan , saya diturunin depan pintu masuk kantor... pas masuk gedung, bagian CS yang biasa mangkal depan pintu nyeletuk "katanya tukang ojek ga boleh masuk... aneh banget peraturannya" YAH MAKIN BANYAK AJA ORANG PINTER TAPI BEGO. Mereka yang menjudge saya naik ojek adalah orang pinter tapi kebanyakan makan mecin. Jadi selain kepintarannya berkurang, mereka juga jadi sok tau kayak orang paling bener. Ciri-ciri orang kota tapi kelakuan kayak orang kampungan...Ups maaf yah gak sengaja hihihih.

Solusi : orang-orang terlalu pinter macem gini harusnya dikirim ke bulan atau ke luar angkasa karena IQ nya yang diatas rata-rata. Jadi daripada otak mereka nganggur gak dipake di bumi, mendingan dikirim sekalian ke bulan atau ke planet mana aja yang ada di galaksi sana karena pasti ilmu mereka bakalan dibutuhin karena mereka terlalu pintar sampai-sampai bisa membuat teori baru yang fantastis.

4. Situasi : lagi di dalem stasiun dan nunggu kereta. Saat itu ada kereta yang baru dateng, seketika mas-mas yang bergerombol gatau darimana langsung berebut dengan cenderung anarkis untuk masuk ke dalam kereta. Padahal saat itu orang yang mau masuk tuh kereta juga sepi. Mungkin mereka keburu-buru karena anaknya bertelor ? atau istrinya mau kawin ama selingkuhannya ? yang jelas mereka jelas2 gak beradab karena mengganggu kenyamanan penumpang kereta lain dan merugikan orang lain. Orang kampung masih banyak aja berkeliaran di kota... huft aku lelah menghadapinya~

Situasi : daripada mereka naik kerete commuter line, mendingan mereka dikasih transportasi sendiri yaitu omprengan atau bemo atau mobil bak. Karena ini sangat cocok bagi mereka yang suka dengan chaos dan anarkisme di jalanan. Udah gitu bebas ngerokok karena orang2 kayak mereka biasanya (maaf) bau badan dan baunya gak bisa ditolerir. Haduh enyahlah kalian orang-orang tak beradab di ibukota... aku ingin menikmati dunia ini dengan damai.

Demikianlah beberapa keadaan yang sudah saya temui beberapa waktu belakangan ini, untuk selanjutnya mungkin bisa saya update tergantung dari keberagaman orang-orang yang absurd di ibukota ini. Tulisan ini bukan untuk menyinggung siapapun, cuma buat menyindir aja orang-orang yang kelakuannya kayak orang paling bener. HEHEHEH, btw orang pinter yang harusnya dikirim ke bulan masih ada nih diluar. Rasanya pengen gw siram ini orang pake air pengawet biar patungnya bisa gw kirim ke bulan sekalian.

 

No comments:

Post a Comment

orang ngebacot