Thursday, October 31, 2013

MENDADAK NGOMIK

Assalamualaikum !
hehehhehe INI UDAH MASUK BULAN NOVEMBER LOH, HUAAAAA. Lha cepet amat yak waktu berputar. Terus kali ini mau nulis apaan ? berhubung kerjaan saya berselancar mencari event-event menarik yang gratisan, jadi aja pas hari/tanggal (sabtu ,19/09) saya mendaftarkan diri buat ikutan acara Workshop dan Sosialisasi Kompetisi Komik Indonesia yang diadain sama Akademi Samali, Indonesia Kreatif, dan Komikoo.

kok bisa tau ada acara kayak ginian ?
yaiyalah tau, lah kan kerjaan saya kepo-mengkepo di dunia maya. Udah gitu, tiap ada acara yang gretongan dan sekiranya berguna *cailah*, sebisa mungkin saya ikutin walaupun disiplin ilmunya berbeda dengan jurusan saya. HAHHAHAHANANGISHAHAHAHA. Jadi pas tau ada acara ini yang dilaksanain di salah satu gedung di area TBS dan acaranya Gratis, yaudah tanpa pikir panjang saya langsung daftar deh. 

terus dateng kesini sama siapa aja ?
nah ini dia, berhubung banyak keganjilan jikalau saya mengajak teman-teman saya dikarenakan acaranya adalah acara komik-komikan gini. Yaudah tanpa pikir panjang saya langsung ajak temen saya yang anak Seni Rupa aja. Saya ngajak Benedicta yang anak Desain Interior, lalu ngajak Danang dan Petris yang kuliahnya di jurusan Desain Komunikasi Visual. Mereka sih nyambung-nyambung aja ikutan acara ginian, lha wong ini udah jadi makanan sehari-harinya mereka. Lha saya? Jurusan Akuntansi tapi pikiran mengawang kemana-mana, awkakwkawk. Gak papa, toh saya juga suka sama seni rupa gini walaupun yang saya bisa cuma mengamati dan menikmati karyanya. 

bayanganmu acara ini bakalan seperti apa ?
berhubung ini acara workshop sosialisasi kompetisi komik Indonesia. Penyelenggara bikin workshop ini gak cuma di Solo aja, tapi juga di beberapa kota lain seperti Padang, Malang, Makassar, dll. Nah berhubung saya ikutan ini acara bermodalkan niat dan pengen tau kayak gimana acaranya, yaudah saya pasrah aja klo disuruh ikutan ngegambar atau kalopun ada kelas menggambar, bakalan saya ikutin itung-itung sekalian belajar ngegambar. FYI aja sih saya ga pernah bisa gambar, yang saya bisa cuman mencontek gambar orang. Kekurangan saya yang saya sesali ya salah satunya ini, saya suka berimajinasi tapi saya tidak bisa menuangkannya secara visual karena keterbatasan saya dengan mengkomunikasikan melalui media gambar. Saya lebih vokal menuangkan ide-ide ataupun pikiran saya melalui tulisan, yasudah apa boleh buat. Toh kemampuan setiap orang berbeda-beda yah hehehhe.

lalu seperti apa acara ini berlangsung sesuai realitanya ?
wah ini nih yang seru. Acara dimulai jam 10 pagi. Dimulai dari sambutan-sambutan ketua acara dan dinas pariwisata kota Solo yang sangat mendukung adanya acara kompetisi komik ini. Kenapa begitu ? karena kota Solo ini gak punya apa-apa. Kota ini ada karena banyak penggiat komunitas yang bikin Solo ini masih eksis sampe sekarang. Solo ini hidup karena budayanya. Solo yang notabene kota kecil yang sedang berkembang butuh pemuda-pemuda baru yang kreatif dan punya ide-ide brilian buat mengembangkan kota yang masih tumbuh ini. Gak menutup kemungkinan juga Solo bakalan jadi kota besar atau kota metropolitan (?) suatu saat. Tapi kayaknya terlalu berlebihan. hehhehe.
lanjut lagi, ada materi-materi dari juri kompetisi komik indonesia ini. Lomba Kompetisi Komik ini udah dilaksanakan beberapa kali, dan ini merupakan tahun ke..... keberape yeee lupa. hahahah. Dan berhubung kemampuan saya dalam menggambar tidak bisa dipertanggungjawabkan, maka saya belum memiliki niat untuk mengikuti kompetisi ini. 
Acara ini sih kayaknya lebih cocok buat kalian yang emang ekspert dalam hal menggambar dan bercerita. Sebenernya bikin komik itu gak selalu harus pinter menggambar, hehehe tapi kan ya klo ga bisa gambar ya sama aja boong.
Keseluruhan sih acaranya seru sekali dan saya ga bosen sama sekali. Di jam Ishoma diisi sama break makan siang dan sorenya pun ada Coffee break. Yang saya sesali, kenapa event sebesar ini seperti kurang promosi dari media. Saya pun tahu ini dari link di Facebook, dan kapasitas peserta yang mencapai 60 orang tidak dimaksimalkan. Padahal acara ini seru sekali. Walaupun pesertanya tidak mencapai target, tak apalah malah bagus soalnya jadi bisa khusyuk mendengarkan materi dan sharing dari pemenang kompetisi ini sebelumnya. 

gimana rasanya ikutan acara ini ?
seneng banget. HAHAHHAHA, soalnya selain acaranya gratis, dapet free totebag, kompilasi komik, makan siang, coffee break, dan yang paling penting ilmu dan sharing dari penggiat komik di Indonesia yang udah level dewo di bidangnya. kayaknya sih cuma saya aja yang anak ekonomi tapi nyasar ke acara anak senirupa gini, HAHAHAHAHAH. bodo amat, itulah hobby saya menggebrak garis batas limit *cailah gaya lu* yah semoga acara yang berhubungan dengan komik-komik ini masih bisa terus diadain. Di Solo ini banyak loh komikus-komikus muda yang potensial, cuman mungkin belum terlalu dipublish aja. Mungkin mereka main underground, wakakwkakkaka. Astaghfirulloh sampah bener ini nyeritainnya yang bener dikit kek. 

udah ? mau ngomong apaan lagi ?
Hhehehheeh, gak ada apa-apa lagi. Saya cuma mau bilang, belajarlah di semua bidang. Walaupun itu bukan bidangmu sekalipun. Gak ada salahnya masuk ke dunia baru, kalopun bermanfaat kan kita juga yang enak. Kalo belum bermanfaat ya anggep aja lagi main-main ke lapak baru. Yaudah deh gitu aje

***
beberapa momen yang sempat diabadikan


 mas-mas peserta workshop lagi pada ngantri ngambil jatah makan coffee breakbtw itu jatah makan siang juga nyisa banyak, lha wong pesertanya ga full kok
mayan yak klo dikasih jatah :v
sumber : FB Page Kompetisi Komik Indonesia



nah yang ini full peserta workshop 
hehhehe. keren yak yang cewe cuman sebaris doang posenya duduk semua
sumber: FB page KOKOM_ID 

suasana workshop yang intim dan penuh dengan kesyahduan (?)
sumber: FB page KOKOM_ID

misi om, numpang lewat bentar om
kesian om mau nampang di lapak orang kaga pernah bisa
mending  nampang di lapak sendiri aje dah

dan ini ketiga wanita tangguh yg menemani saya selama acara berlangsung
yang sebelah kanan jauh-jauh dateng dari Jogja buat ikutan acara ini
waaaaa, kerens sekali :D

Surakarta, 2013

No comments:

Post a Comment

orang ngebacot