Tuesday, October 15, 2013

MET LEBAR-AN

Hari ini lebaran haji loh, terus kenapa ? gak apa-apa. Heheheh, jadi pagi tadi saya bangun buat subuh sekalian mau solat eid dimari. Berhubung kawan-kawan saya ga ada yang bisa diajakin solat bareng, yaudeh solat dewekan dari kosan. Padahal udah ngajak Rani, Maya, Adit, Aziza, tapi tuh cewe dua gak kebangun buat solat gara-gara kesiangan. Si Adit kirain mah dikosan gataunya dirumahnye, si Aziza yang jg anak rantauan saya kira dikosan gataunya lagi di Klaten. Oke, tadinya mau pasrah aja gausah solat tapi nanggung amat. Masa gara-gara ga ada temen buat solat doang jadi males. Oke, kulangkahkan kaki ini dengan penuh rasa siap. Berhubung udah pengalaman solat disini tuh mulainya jam 6 pagi, jadi ya jam 6 kurang udah siap dong walopun pake pakaian seadanya. Jam 6 kurang dikit saya berangkat dari kosan, jalan kaki lah masa mau naek getek. Sembari liat kiri kanan kali aja ada tetangga ato sapa kek gitu yang mau solat juga. Masalahnya saya gatau masjid didekat sini itu dimana, soalnya kan ini daerah gang-gang berkelok-kelok dan terpencil. Jadi walopun ada suara takbir dimana-mana, saya gatau lokasi pasnya itu masjid yang berkumandang dimana. Jadilah saya jalan kaki ngikutin orang-orang yang pada mau solat. Untungnya banyak orang yang pada baru berangkat juga, yaudah deh jadi woles kan gak ragu lagi mau melangkahkan lagi kemana. Hehehe. 

Keajaiban pertama di Idul Adha ini, bisa saya sebut keajaiban karena terlalu bodoh untuk hal-hal yang gak penting tapi sebenernya penting. Jadi ternyata solat ied-nya gak di masjid, melainkan di pelataran jalan sebelah jalan raya besar, menghadap ke RSUD Moewardi dan disebelah ruko-ruko gitu. Yaudah dengan tampang melas, saya bingung mau solat dibarisan mana karena banyak banget rombongan. Makin goblok lagi soalnya saya lupa ga bawa koran buat alas. Ketauan ga pernah persiapan klo solat dirumah. Saya langsung cari tempat kosong yang masih ada sisa-sisa koran gak kepake. Untung dah ada satu tempat nyempil walopun dikit lagi udah menyentuh genangan air becek, tapi dengan muka memelas saya langsung ngomong ke ibu-ibu disebelah saya buat saya tempatin alas koran bekasnya yang ga kepake. "bu, bisa disini bu ?" ibunya jawab apaan tau kaga mudeng, ibu-ibu tua yang dateng ama anak cucunye. Berhubung doi ngomong bahasa jawa dan ngomongnya juga ga jelas, saya cuma manggut-manggut aja. Dan untungnye ada yang ngasih saya koran bekas juga. hahahhaha .__. ga sia-sia kan bakat akting ogut buat jadi peran protagonis. Alhamdulillah deh bisa solat dengan selamat *lho*

Baru kali ini ngerasain solat dengan pemandangan yang gak biasa. Biasanya kan solat dimasjid atau di lapangan bola kek gitu. Lah ini solat di sebelah jalan raya, pemandangannye bis-bis antar kota, truk, kendaraan dll yang pada lewat disepanjang jalan itu. Sepanjang khotbah abis solat saya cuma diem, bengong, mikir kenapa kok saya ada ditempat kayak gini *lah udah takdir bro*. Hehehehe, seketika melankolis karena yang laen pada solat ied sama keluarganya, sedangkan saya solat dewekan. Yaudah deh, kelar solat juga jalan dengan penuh rasa syukur. Cuma bisa ngebayangin sampe kosan bisa makan ketupat pake sambel goreng pake rendang trus ada kue-kue macem-macem, iyak cuman bisa ngebayangin. Prakteknya mah saya cuman makan jajanan persediaan dikosan aja. Karena keburu kelaperan di pagi hari, dan saya males keluar pagi-pagi dikarenakan mata masih ngantuk. Yaudah daripada kelaperan mending tidur aja. Ini jurus ampuh klo udah kelaperan tapi males ngapa-ngapain. Bangung-bangun udah jam 11 siang aja, dan emang baru kerasa laper beneran. Untung aja deh masih bisa makan nasi. Dan nyari warung makan yang buka didaerah kosan sama kampus susah bet. Yaiyalah pada tutup semua wong pada libur lebaran. Yang penting bisa makan aja udah syukur. hehhehehe

Lanjut lagi keajaiban idul adha yang kedua. Tiba-tiba dikosan ada banyak makanan, hahahaha. Ga banyak sih, tapi ya lumayan buat ngemil-ngemil kala perut atau mulut lagi gak bisa diem. Makasih untuk semua donasi-donasi logistik dari para hamba Allah yang dengan rela memberikan jatah makannya buat kita yang sebatang kara ini, wkwkwkwk. Semoga Allah membalas semua kebaikanmu. Ya ini ldul Adha, disaat orang lain lagi pada bakar-bakaran, masak gule, tongseng, tengkleng, rendang, dll. Kita (lebih tepatnya saya) disini yang anak kosan cuma bisa memantau dari timeline. Sungguh suatu keadaan yang bikin kenyang ngeliat update teman-teman yang lagi pada sibuk mengolah daging. Hehehe, ya walopun ga bisa makan daging juga yaudah dinikmati aja. Namanya juga idup. Padahal klo dirumah tiap lebaran daging bertebaran dimana-mana ampe tumpeh-tumpeh, kadang ga disentuh saking bosennya sama makanan. Lha giliran dimari malah kangen yang begituan. INI KOK POSTINGAN MELLOW AMAT SIH HUAAAAAA ;_____; biarin deh lagi sedih sih ga bisa makan kue-kue lebaran. MAMAAAAAA Kirimin dita makanan maaaahhh.... heuheuheu. 

Semoga yang lebaran di perantauan tidak merasakan hal yang sama. Atau semoga malah lebih bahagia lebaran di perantauan daripada dirumah sendiri walaupun rasanya yang diderita beda-beda nikmatnya. Padahal udah diajak main bakar-bakaran rumah daging sih sama Dea, tapi ternyata tukang ojeknya (baca: Rani) malah labil. Yaudeh pupus sudah harapan lebaran dirumah orang sambil bebakaran plus bergosip, hehehhe. Ambil hikmahnya aja, klo yang laen kelar makan daging-dagingan trus kadar kolesterolnya makin tinggi, yang disini makannya cuma nasi sayur tempe aja huahahhahaha. Yakali gitu ada yang mau ngecek darah elu-elu pada, idup dinikmatin aja. Satu hal yang bikin saya terenyuh pagi ini pas sebelum solat, si Danang ngingetin saya buat tetep berangkat solat ied, karena belum tentu lebaran-lebaran berikutnya masih bisa ketemu lagi. Oh iya bener juga sih, makasih yah udah diingetin. Yaudah deh, lanjut lagi menatap makanan, kue, jajanan, permen, es buah, tapi dalam khayalan. 

Marhaban YAAAAAA Kolesterol

No comments:

Post a Comment

orang ngebacot