Friday, July 17, 2020

Cerita Meng-ASI-hi


Assalamualaikum, kali ini saya mau postingan yang agak ada faedahnya sedikit yah mengingat banyaknya pasangan muda sekarang yang mungkin belum sempet belajar ilmu parenting tapi udah keburu hamil dan punya anak duluan. Sama sih saya juga gitu, menikah di bulan November 2016 dan positif hamil di bulan kedua pernikahan. Lalu kami dikaruniai anak pertama di bulan Agustus 2017 yang sangat lucu dan menggemaskan (pada saat itu, klo sekarang banyak ngeselinnya wkwkwk canda). Nah postingan ini sebenernya bukan mau menghakimi atau menyudutkan siapapun, karena sejatinya kita para wanita pasti mempunyai feeling atau intuisi (apasih) sebagai seorang ibu walopun kita ga pernah belajar menjadi seorang ibu. Bayangkan aja kita yang biasanya dimanjain sama orangtua kita sebagai anak, setelah menikah dan punya anak kehidupan kita berbalik 180 derajat yang kita gatau arah sama sekali. Hal ini juga menimpa saya sebagai seorang istri sekaligus ibu dari anak yang baru saya lahirkan di bulan agustus itu.

*** 

Singkat cerita, kelahiran pertama saya di hari jumat 18 agustus 2018 berjalan sangat nikmat. Dimulai dari satu hari sebelumnya yaitu di tanggal 17 agustusan dimana orang-orang pada sibuk upacara dan di tv juga disiarinnya upacara di istana negara, saat itu saya udah kram2 kontraksi ga jelas gitu kan. Yang makin lama makin kenceng dan membuat saya semaleman di hari itu ga bisa tidur. Paginya tanggal 18 agustus saya menemukan flek di celana dalam saya, wah mungkin ini pertanda yah si bayik udah mau keluar. Akhirnya saya langsung lari ke RS rujukan yang emang saat itu juga saya buta mau lahiran dimana, karena selama ini saya kontrol di Klinik Kehamilan Sehat Poris, tapi pas lahiran saya ngungsi kerumah ibu saya di Bintara, Bekasi Barat. Sebelum saya memilih rumah sakit ini sebagai tempat lahiran, saya control dulu sekali di Klinik Kehamilan Sehat cabang Duren Sawit dan bertemu dokter cantik yang ramah yaitu dokter Anandita. Disitu beliau memberikan info sebagaimana dokter obgyn dan menanyakan perihal saya mau lahiran dimana. Karena saya jawab blm tau mau lahiran dimana, akhirnya beliau menawarkan untuk lahiran di Rumah Sakit Ibu dan Anak Resti Mulya. Wiw baru denger kayaknya deh ada rumah sakit itu, sambal jalan searching2 juga biaya lahiran di rs tersebut dan lumayan sih gak mahal-mahal amat buat kami yang gak pake asuransi ini hehhehe..


Lanjut di hari jumat pagi itu, saya langsung di cek bukaan dan klo ga salah bukaan udah dua deh. Akhirnya dipindahin ke ruang pasien dan makin lama makin intens dong tuh kontraksi. Sambil berharap dokter yang bakalan nanganin saya ada jadwal praktek di hari itu juga, saya disuapin makan tapi malah saya muntahin wkwkwkk bawaan mual kali yeh mau lahiran. Alhamdulillah selama saya kontraksi pagi sampe siang ditemenin suami dan ibu mertua juga karena kebetulan bu mertua lagi main kesini juga. Heheeh akhirnya sampe jumatan ditinggal bapaknya solat jumatan kan, kontraksi makin intens…. Dan makin makinnnn lalu Tindakan lah setelah bapake selesai solat jumat. Emang bener-bener anak bapak dah.. sambil saya ngeden gajelas yang membuat dokter dan bidan marah-marah karena saya gabisa ngeden dengan bener, akhirnya itu perut didorong ama bidan biar keluar tu bayi dari perut wkwkwkwk


OWEEEEEEEKK OWEEEKKKKK 
kumenangyssssss terharu akhirnya anakku lahir juga didepan bapaknya hueheheheh :3 sambil dibersihin tu bayi abis itu IMD selama beberapa menit. Alhamdulillah anakku lahir dengan selamat dengan proses persalinan normal, buat saya itu adalah sebuah goal yah bisa melahirkan secara normal karena sebelumnya was-was juga ga bisa lahiran normal takut panggul saya sempit. Lahirannya plus kontraksinya ga seberapa karena sakit yang sesungguhnya adalah pas dijait perinium nyaa uuwuwuwuuwuw maknyoss ya bunda tak terkira lah nikmatnya itu, untung sambil dijait saya juga sambil IMD jadi ga berasa banget dah masih ada terharu2nya ada bayi boboan di dada saya.. hehhehe

Ujian yang sebenarnya adalah Ketika kita keluar dari rumah sakit dan menghadapi bayi kita sendiri dirumah.  Beruntungnya saya dikelilingi oleh keluarga yang sangat support asi dan untungnya juga pas cuti lahiran itu saya tinggal sama mamah saya jadi masih ada yang urusin. No drama yang aneh2 kecuali bingung ni asi nya cukup ga yak buat anak bayik. Sebagai bayi anak pertama yang nyusuin langsung di nenen ibunya, Aisyah anak saya ini termasuk yang pinter karena dia udah bisa pelekatan dan ga bikin saya lecet sama sekali.. alhamdulillah yahh ga ada drama lecet atau berdarah-darah sungguh beruntungnya diriku. Setiap malem saya browsing2 dong masalah per-ASI-an dan yang paling membuat saya intens untuk belajar asi Ketika saya ketemu akun instagramnya (a)ASIKU.BANYAK Sumpah dah tiap malem saya bacain tu postingan tiap postingan dan akhirnya memberanikan diri untuk sewa pompa asi di bulan pertama pasca melahirkan.


Sebagai percobaan dan setelah melihat review orang-orang yang jaman itu mungkin belum terlalu banyak selebgram atau mamagram yang ngebahas asi, saya memilih untuk sewa pompa tipe sejuta umat yaitu Spectra 9s. Kenapa harus spectra? Karena ini yang paling banyak direview mamak-mamak dan paling banyak stoknya di persewaan pompa di jabodetabek. Tiap akun sewa pompa pasti ada nih unit spectra ini, karena mungkin emang bagus ya. Tapi entah kenapa selama sebulan saya sewa ini pompa, saya ga merasa nyaman karena mungkin ukuran corong ga pas kali yeh. Yaudahlah bulan kedua saya beralih untuk sewa Malish Mirella. Jangan sedih bu ibuk, asi saya selama awal juga seiprit-iprit. Selama sehari itu saya paling pompa Cuma 5 kali, jam 6 pagi bangun tidur, jam 12 siang, jam 5 sore, jam 8 malem, sama jam 11 malem. Itu juga jadwal banyak ke-skip karena ketiduran atau capek wwkwkwkkw. Selama pake Malish Mirella, ini Mirella yang versi lama ya yang warnanya pink. Ga terlalu menghasilkan banyak sih cuman masih mending daripada spectra karena mungkin corongnya pas yah… lalu bulan berikutnya saya ganti lagi buat sewa Malish Celia+


hasil pompa pake Spectra 9s yang digabung jadi satu botol
ini masih awal-awal pumping hasilnya masih dikit banget


hari-hari sebelum mendekati cuti lahiran abis
mayanlah dalam 20min bisa hasilnya segitu kiri kanan


Nah pas pake Malish Celia+ ini saya merasakan kenyamanan dan kuantitas asi yang keluar plus LDR bisa dirasakan lebih banyak. Gatau ya Namanya breastpump kan cocok-cocokan, akhirnya trial saya berakhir di Malish Celia+ ini dan sebelum masuk kerja Kembali saya beli 1 unit Malish Celia+ yang saat itu saya beli seharga 1,4jutaan yah ditahun 2017. Cuti lahiran selesai dan saya harus disiplin pompa dikantor. Gak maen-maen peralatannya cuy cuman waktu itu emang kaga ada ruangan khusus buat laktasi jadi saya pompa diruangan aja pake apron. Pede bener ya, wkwkwk maklum dah fakir ruangan laktasi :v di bulan ke 4 usia Aisyah, dia udah bingung puting dong. Mungkin karena selama saya tinggal dia pake dot, dan malem pas saya pulang kantor saya malah nyiapin susu di dot karena saya males nenenin. Capek coi pulang kerja trus malem harus pompa lagi, jadi hasil pompa di malem sebelum tidur saya pake buat minumin Aisyah di botol. Ini yang menyebabkan bonding saya hancur dengan anak pertama karena saya malas nenenin dimalam hari, hiksss akhirnya ini jadi pelajaran sih untuk jangan terlena sama dot. Yaudah selama setaun itu saya jadi mamak eping dan kemana2 harus bawa pumpingan. Yang ngeselin klo udah mulai membatu dan mengeras ini tetek. Berhubung saluran asi mampet yang menyebabkan tetek ini grenjel2 membatu gajelas, bahwasanya pompa saja tidak cukup. Jadi ini yang bikin saya meriang tiap tete mampet huehuhuh… akhirnya klo udah parah saya panggil bidan pijet buak pijit dirumah… ya walopun ga ngefek banget tapi senggaknya kebantu yah buat melancarkan aliran2 yang mampet.


hasil stok selama cuti melahirkan


hasil pompaan dikantor 
lupa ini bulan berapa yang jelas udah gak cuti (yaiyalah maimunah)



Weww Panjang juga nih postingan wkwkwkwk. Sebenernya mau cerita Panjang lagi bagaimana caranya survive menjadi mamak eping dan cerita kehamilan kedua saya yang tak terduga. Cuma kayaknya di next postingan aja yah biar ga kepanjangan ni cerita. Yaudah intinya adalah, kamu sebagai ibu muda JANGANLAH HILANG ARAH. BACA DAN CARI ILMU SEBANYAK-BANYAKNYAAAAAAAAA. Memang orangtua jaman dulu tuh suka nyuruh yang aneh-aneh, yang beginilah begitulah yaaa dinalar aja sekarang bisa masuk diotak gak logika orangtua jaman dulu ? bagi para pasangan muda yang lagi hamil atau udah lahiran, BACA ILMU TENTANG ASI SEBANYAK-BANYAKNYA. Karena kita bakalan lebih bersyukur klo kita bisa ngasih ASI ke bayi kita sendiri. Jangan mikir yang aneh-aneh lah klo ada yang nyuruh minum susu formula, plis lah miris banget klo saya liat ibu-ibu muda yang (maaf) keliatannya ekonomi pas-pasan tapi malah ngasih bayinya susu formula. Entah dia udah usaha atau belum buat mengusahakan ASI, tapi senggaknya belajarlah untuk menjadi seorang ibu yang paham akan pentingnya ASI. Pendidikan emang ga bisa diboongin sih, cari ilmu yang tepat biar ga salah arah. Semoga makin banyak pasangan muda dan ibu-ibu muda diluar sana yang melek soal ASI, klopun ga bisa ngasih ASI dengan perkara asi dikit, asi seret, atau seabrek masalah nenen lainnya, senggaknya kita harus coba dong. Bukan perkara lagi tuh flat nipple, lip tie tongue tie atau apalah itu istilah yang saya ga paham. Klo udah buta arah, ke Klinik Laktasi atau minimal Bidan buat diajarin gimana caranya nenenin yang baik dan benar. Yasudalah mungkin saya bisa ngomong begini karena saya udah ngalamin sendiri ya, semoga kalian yg belum dan akan menjadi ibu bisa lebih siap menghadapi kenyataan bahwa dunia per-ASI-an sangatlah wawwwww


Hehehehhehe jangan ada prahara antara kita ya, saya memang tim ASI tapi juga saya menghargai ibu-ibu diluar sana yang kasih anak susu formula. Hidup ini memang penuh perbedaan, tinggal bagaimana cara kita berdamai dengan sesama manusia aja.. hehehhe  udah ah besok lagi ya ceritanya hueueueue :3 wassalamualaikum


No comments:

Post a Comment

orang ngebacot