Tuesday, June 24, 2014

SKCK STORY

Bagi anda yang fresh graduate SMA maupun Sarjana, penting untuk mempunyai SKCK alias Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang digunakan sebagai berkas dalam kelengkapan CPNS maupun BUMN. Bagaimana cara mendapatkan SKCK ? Disini saya akan sharing pengalaman saya untuk membuat SKCK yang klo gak sabar mendingan gausah bikin *ketawa setan*

Yang pertama harus dilakukan adalah minta surat pengantar ke RT dirumahmu. Klo dirumah saya sih, yang ngurusin surat-surat pengantar itu adalah sekretaris RT. Modalnya cuman KTP, KK, dan keberanian buat nyamperin pak sekretaris. Dateng aja kerumahnya terus bilang mau bikin surat pengantar buat SKCK. Nanti doi tinggal ngisi formulir dan kita tinggal nunggu surat aja. Bisa ditunggu klo pak sekretaris ente bukan orang sibuk, tapi mungkin bisa jadi lama juga klo yg bikin surat ini wong sibuk. Kaga usah bayar, bayar pake ucapan terima kasih sama senyuman menye-menye aje *menurut ngana*

Lalu setelah surat pengantar udah di tangan, selanjutnya adalah datengin pak RT buat tanda-tangan. Karena surat pengantar itu butuh dua tanda tangan, dari RT dan RW. Minta TTD pak RT cuma modal 5 menit doang, ketok-ketok pintu rumah, kasih surat dan minta ttd lalu bayarlah pake senyuman terbaikmu. Begitu juga selanjutnya, kamu harus ke rumah pak RW buat minta tanda tangan lagi. Modal jalan kaki aje kerumah pak RW dan ga nyampe 5 menit juga itu surat udah lengkap sama tanda tangan petinggi lingkungan rumah. Bagaimana pemirsa? mudah bukan membuatnya ? *ala budhe Sisca Soewitomo di acara Aroma*

Nah setelah urusan surat pengantar RT RW lengkap, selanjutnya kamu harus datangi ke kelurahan tempat kamu tinggal. Saya tinggal di Bekasi, dan kelurahannya adalah kelurahan Bintara. Disini dibutuhkan miracle alias magic karena pertama-tama saya gedek pas mau ngurusin SKCK. Sebelumnya, saya udah searching-searching gimana cara membuat SKCK. Yang dibutuhin standar seperti surat pengantar RT-RW, fotocopy KTP, fotocopy KK, apa lagi ye lupa. Jadi kan udah ada bayangan yang dibutuhin apa aja, pas nyampe kelurahan datengin loket yg ngurusin SKCK dan buset kaga ada orang di loketnyah. Aku kudu pie ? akhirnya setelah menunggu lama, dateng juga petugas yg ngurusin SKCK dan ternyata ada satu persyaratan lagi yg harus ada yaitu pelunasan PBB. Dafuk sedafuk-dafuknya.... lalu saya pulang dengan hati kesel dan gedek karena ga mengerti apa hubungannya PBB sama SKCK ?

Sesampai dirumah saya minta form PBB sama mamake dan sekalian suruh bayar juga. Yaelah padahal belom jatuh tempo buat bayar. Udah gitu galau apakah bisa bayar PBB di kelurahan apa gak, soalnye disitu ditulis bayar PBB bisanya di Bank Jabar. Yodah deh jalan lagi alias gowes disiang terik sambil harap-harap cemas, sampe dikelurahan saya langsung markir sepeda saya dan pas mau masuk pintu kantor kelurahan tiba-tiba saya dicegat sama bapak-bapak petugas yang nanya keperluan saya apa kesini ? saya bilang aja mau ngurus SKCK. Tak dinyanya tak diduga dia malah langsung sigap ngurusin saya dan GAK PERLU PBB. BUSEEEET kampret itu ibu-ibu petugas yang labil, tau gitu gausah ngurus ama dieee karena dalam 10 menit surat pengantar kelurahan jadi tanpa menunggu lama. Itu bapak petugas bagaikan malaikat dan percayalah bahwa selalu ada kemudahan dalam kesulitan. Oh iya setelah surat pengantar kelurahan selesai, saya disuruh bayar 15ribu. Gapapa deh itung-itung sedekah. Makasih ye pak, klo bukan karena bapak, pasti saya udah naik darah ngurusin surat pengantar doang.   

Tahap terakhir adalah datengin ke Polres yang ada di kotamu. Saya dateng ke Polres Bekasi yang terletak gak jauh dari RSUD Bekasi. Daerah sana bagaikan daerah antah berantah yang belum pernah saya jamah. Berbekal berkas buat ngurusin SKCK, akhirnya saya naik angkot 2 kali buat sampe kesana. Naik K03 sampe kranji abis itu lanjut naek K05A sampe stasiun bekasi. Dulu saya galau kesana naik angkot apaan, karena saya buta rute daerah Bekasi. Untung itu angkot K05A sampe terminal bekasi dan ngelewatin st. Bekasi, yaudeh gajadi nyasar deh. Turunnya di perempatan patung lele abis stasiun Bekasi abis itu naek becak ampe Polres karena ga ada angkutan umum yg lewat situ. Bayar goceng kemaren naik becak karena jaraknya ya lumayan juga klo jalan kaki.

Sampai di Polres, datengin ke bagian yg ngurusin SKCK dan saat itu rame kali. Minta formulir buat diisi, isilah formulir anda dengan cepat tanpa mikir karena klo kamu belum pernah melakukan tindakan kriminal, maka pertanyaan yang berhubungan dengan kejadian kriminal yang pernah kamu lakukan isi saja dengan kata TIDAK. Kelar isi formulir, bawa dulu formnya jangan ampe ilang abis itu datengin ke bagian sidik jari. Jari kita semuanya dikasih tinta dan 10 jari tangan kita di cap di satu kartu. Nanti kita juga disuruh isi formulir sebelum sidik jari, dan nanti dikasih kartu TIK yg merupakan kartu penting dalam catatan kepolisian. Siapin foto 2x3 buat kartu TIK. Setelah sidik jari selesai, kamu disuruh bayar ama petugasnya. Kemaren saya bayar 10rb, bodo amat deh yang penting skck cepet jadi.

Lalu balik lagi ke bagian skck, fotocopy kartu TIK karena berkas yang diperlukan untuk SKCK yang baru adalah formulir SKCK, fotocopy ijazah, fotocopy kartu TIK, fotocopy Kartu Keluarga, surat pengantar kelurahan, sama foto 4x6 berkerah dan berwarna 3 lembar. Pas berkas udah lengkap, kumpulin ke petugas dan disuruh bayar lagi 5rebu buat bayar formulirnya. Abis itu tinggal aja deh, saya nanya kapan jadinya, kata dia besok pagi udah jadi. Yodah deh pulang dengan perasaan lega. Dateng dari jam 10, kelar ngurusin ampe jam 11an. Lama di bagian sidik jari karena mesti nunggu banyak. 

Keesokan harinya dateng lagi ke bagian SKCK. Bilang aja mau ngambil SKCK, ga disuruh bawa apa-apa. Sebut aja nama kita, nanti petugasnya ngasih dan minta dilegalisir sekalian. Karena butuh legalisiran, langsung difotocopy disana tapi dapetnya cuma 5 lembar. Seeetdah pelit amat. Mana disuruh bayar lagi kena 9rebu, asyem. Yowis dah yang penting cepet kelar. Dan akhirnya SKCK sudah ada ditangan lalu daku pun pulang dengan perasaan lega. Intinya klo mau bikin SKCK adalah pahami semua berkas persyaratan, siapin foto berbagai ukuran yang banyak, dan banyak-banyaklah bersabar. Niscaya kamu akan dihadapkan oleh petugas-petugas di bagian pemerintahan maupun kepolisian dengan cara yang baik. 


Yaudah deh, segitu dulu ceritanyeee. Nanti lanjut lagi klo ada cerita yang penting udah diceritakan. Btw, orang-orang Bekasi tampangnye absurd-absurd semua yah. Sudah gak jaman cowok ditemenin cewek alias pacarnya. Kemarin saya banyak liat cowok ditemenin cowok juga. HUHUHUHUH mungkin mereka bersahabat tapi kelakuannya bukan kayak ke temen. Bagi wanita independen alias forever alone seperti saya, siapin headset aja buat pelipur lara. Karena kita juga bingung mau ngobrol sama siapa, stranger itu gak semuanya baik. Makanya kudu hati-hati. Siapin juga aer minum sebagai bekal karena ngurusin itu capek, kudu bolak-balik gedung sini ke gedung situ. Oke selamat berburu SKCK, hahahahhahahaha  

catatan redaksi : dulu saya labil, setelah surat pengantar kelurahan kelar ada satu bagian di surat itu yang membutuhkan tanda tangan kecamatan. Tapi saya abaikan bagian itu dan langsung ke polres aja. Ternyata bisa kok, jadi gak harus ke kecamatan lagi klo abis dari kelurahan. Mungkin berbeda prosedurnya di setiap Polres, tapi buat menghemat waktu kenapa enggak ?

No comments:

Post a Comment

orang ngebacot