Wednesday, October 8, 2014

AYO GAWE

Sebagai makhluk sosial yang menuju kemapanan *apalah bahasanya* maka saya mewanti-wanti diri saya sendiri agar tidak silau dengan kemegahan dunia. Pernah beberapa waktu lalu, saat saya masih dalam tahap proses recruitment salah satu perusahaan. Berhubung lokasi kantor ada di bilangan Senayan, dimana didalam satu jalur ada beberapa Mall yang berdiri cukup megah. Maka saya ikut-ikutan latah dengan cara saya sendiri. Saya mimpi tentang kehidupan saya dikantor saat jam istirahat makan siang. Bukannya makan bekal masakan dari mamah, eh saya malah belanja ke supermarket. Belanja bokkkk belanjaa!! ini padahal masih mimpi, gimana kalo udah masuk kerja beneran ? untuk itu demi meminimalisir segala bentuk tindakan impulsif saya yang cenderung konsumtif, maka saya tidak akan membuat credit card jika tidak kepepet. Hidup seperti jaman kuliah saja, tiap ke ATM cuma ambil 50ribu selembar. Udah bisa idup buat beberapa hari, LAH DI JAKARTA ? mau buat berapa hari duit segitu ?

Maka untuk menyiasatinya, saya mungkin hanya menyediakan nominal pecahan seribuan, dua ribuan, lima ribuan, dan paling gede sepuluh ribuan untuk jatah transportasi sehari-hari. Berangkat ngantor bisa dianter bapakke ampe stasiun, berarti keluar ongkos buat naik KRL sampai sudirman, dan buat naik kopaja sampai ke senayan. Namun itu semua hanyalah TEORI.

Mari kita lihat implementasinya beberapa minggu ke depan, apakah saya mampu hidup seperti itu atau jangan-jangan saya malah lebih gak bisa mengatur pengeluaran karena terlalu banyak kebutuhan di jalan. Kebutuhan air minum adalah hal mutlak yang selalu ada di dalam tas, jika ga ada air minum dibotol. Sudah rugi 3-4ribu untuk membeli sebotol aqua di pinggir jalan. Pedagang yang semena-mena. Ini bukan masalah perhitungan karena pelit atau medit. Tapi ini soal gaya hidup, saya tau jika didalam kantor banyak orang-orang berkecukupan namun gak sedikit juga dari mereka yang datang dari perantauan. Mereka ngekos juga dan mungkin hidupnya lebih hemat daripada yang rumahnya di jabodetabek. Maka dari itu gaya hidup konsumtif harus dicegah, boleh sih belanja asalkan ga lebih dari sebulan sekali. Itu pun klo lagi ada barang yang dibutuhin.

Yang jelas, kalo punya duit sendiri pasti pengen beli macem-macem. Kapan lagi ngerasain belanja dari hasil keringet sendiri ? udah gitu hidup di kota besar yang tiap sejengkal aja pasti ada pusat perbelanjaan. God save me from bills T___T

Mungkin pengeluaran rutin yang cukup menyita dompet adalah dari sektor transportasi. Untuk jatah makan siang, bisa bawa bekal dari rumah. Lagipula udah kebiasaan dari SD-SMA pasti dibawain makanan mulu sama mamake, bodo amat deh dibilang katrok yang penting idup-idup gw bukan hidup elu. hehheheh. Oh iya kalo bosen sama pemandangan yang dipenuhi dengan meme-meme yang ngehits di path, saya lebih suka mengunjungi laman ini --> NASJEM salah satu karya anak bangsa yang patut dilestarikan. Dari sana selain bisa belajar agama dengan media visual yang interaktif, juga perpaduan bahasa jawanya bisa menambah pengetahuan saya akan bahasa daerah ini. Semoga mencerahkan setelah buka page tersebut ya, MUACH :*

salah satu karya dari NASJEM
Apik toh ?
simple tapi ngena~

MARI MENABUNG
BUAT KAWIN
HAHAHAHA

No comments:

Post a Comment

orang ngebacot