Wednesday, June 13, 2012

TERBATA-BATA


Jujur aja sih udah bosen ngomongin hal yang pengen saya omongin. Emang mau ngomongin apaan ? ya kayak biasa gitu, kebosanan yang melanda hari-hari saya klo lagi ga ada kerjaan atau lagi ga ada yang pengen dikerjain.
Klise banget klo bilang saya pengen maen. Maen mah bisa kapan aja, dimana aja, sama siapa aja, terus ??? ya cuman pengen main sama diri sendiri dan bisa melakukan semua hal sendiri.
Tuh kan gak jelas jadinya =______=

Ganti topik aja ah, mau ngomongin masalah apa nih enaknya ? ah susah ternyata klo diungkapkan langsung dengak kata-kata. Baiknya kita berpuisi saja. Sila disimak kata-kata saya yang tak ada harganya…….

Kamu tau gak kenapa kamu ga bisa menulis saat bayi ? karena kamu ditakdirkan untuk menangis. Kalau kamu sejak bayi sudah bisa menulis, terus nanti orangtuamu tidak akan bisa belajar dan memahami kemauan kamu yang masih bayi. Kalau kamu menulis setiap kali ingin mengungkapkan sesuatu ke orangtuamu saat kamu masih bayi, lantas kapan orangtuamu belajar untuk memami dan mengerti kemauanmu ? menangis itu suatu misteri dan anugerah yang dimiliki oleh setiap insan manusia yang merupakan tahap awal dari segala kehidupan.
Bayi yang baru lahir pasti akan menangis, jika tidak menangis ? orangtuanyalah yang kebingunan karena tidak tau cara berkomunikasi dengan bayi. Jadi inti dari semua komunikasi di tahap awal adalah menangis ?

NANTI DULU MARI KITA TELUSURI JALAN CERITANYA.
Sewaktu bayi, kita pasti menangis. Mau minum susu, nangis dulu. Mau pipis, nangis dulu. Kelaperan, nangis dulu  baru dikasih makan sama orangtua. Terus lanjut ke balita, idem kayak bayi. Cuman udah bisa ngomong dikit walaupun masih terbata-bata dan masih mengeja. Umur menginjak SD, saya menangis tiap pagi mau berangkat ke sekolah karena saya rasanya malas sekali untuk bangun pagi dan dibangunkan setiap pagi untuk melakukan rutinitas yang membosankan ini.

Sewaktu menginjak SMP juga menangis. Kapan menangisnya ? saat berkelahi dengan saudara kandung atau saat menangisi gebetan yang sudah lulus duluan karena dia satu tingkat diatas kita #TrueStory. Lalu saat SMA, menangis karena masalah cinta nyemot yang gak kelar-kelar atau pada saat menangisi gebetan yang keburu lulus duluan juga atau tiba-tiba jadian dengan wanita lain (yang ini lebih #TrueStory). Selama kuliah ini, saya menangis saat pertama kalinya ditinggal orangtua pergi merantau untuk menuntut ilmu di daerah orang.
Saya menangis saat ibu saya meninggalkan saya sendirian di kosan. Saya menangis tiap saat saya mengawali perantauan diatas kereta yang saya naiki walaupun saya menyembunyikan kesedihan saya. Saya menangis saat saya merasa kesepian dan belum betah hidup sendiri di perantauan yang keras dan membutuhkan kemandirian untuk kebaikan diri saya sendiri. Saya menangis saat saya merasa frustasi dan rasa kesepian yang selalu melanda di malam-malam kejenuhan sebagai seorang mahasiswi.

Menangis yang paling lenje adalah menangisi gebetan yang gak tau diri. Yaudah yang itu ga usah dibahas, orang kaya gitu kok ditangisin, peduli amat :”)
Jadi intinya, menangis itu tiap saat kita merasakan kesedihan. Terlalu banyak kesedihan yang ditangisi, walaupun kebahagiaan juga menghasilkan tangisan. Nah dari sini lah kita belajar buat mengontrol emosi diri. Emosi mengendalikan butiran air mata yang keluar secara tiba-tiba pada saat situasi dan kondisi yang mendukung buat menangis. Ah jadi inget pernah nangis di kampus gara-gara masalah yang sepele. Biarin deh namanya juga masih proses menuju kedewasaan. Terus lah menangis saat kau mau dan saat kau ingin melepaskan semua emosimu.

Tapi ada satu syarat jika ingin menangis, pastikan yang kita tangisin adalah hal yang benar-benar “sesuatu” di dalam hidup kita. Kapan ya terakhir saya menangis ? aduh lupa. Yaudah kalo mau nangis ya tinggal nangis, jangan ditahan-tahan. Tapi saya paling males kalo liat cewe nangis gara-gara ada masalah sama cowoknya. Bukannya gak peduli, tapi saya bingung mau ngapain. Lah wong masalahnya aja saya gak ngerti, terus jangan sok jadi pahlawan kesiangan yang ngerti masalah dan ikut campur urusannya. Paling cuman bisa nyabar-nyabarin dia aja.

Udah ? masih mau nangis ? ngaca dulu, apa yang mau ditangisin. Kesedihan apa kebahagiaan ? tapi kalo lagi sedih, baiknya nangis sambil bawa cemilan. Survey membuktikan, kesedihan harus ditimpa dengan kesenangan yang bisa membahagiakan diri sendiri. Oh iya, saya sudah ingat kapan terakhir kali saya nangis. Saat beberapa bulan lalu saya dikecewekan oleh seseorang yang bikin emosi saya naik darah, dan membuat saya nangis gara-gara kesel. Rasanya pengen memutus silaturahmi tapi apa daya gak enak hati. Hal ini yang membuat saya menangis dan kesel sampai ke ubun-ubun dan membuat saya mencari kesenangan diri saya sendiri untuk menutupi kesedihan saya.

Kesenangan yang dimaksud adalah saya bersepeda dari kosan sendirian dan saya tidak tau tujuan saya kemana.  Saya anggap itu pembalasan atas kesedihan yang saya alami. Sembari kesedihan saya menghilang, saya pun memanjakan diri sendiri dengan jajan disepanjang jalan. hingga malam hari tiba dan saya menyadari bahwa cuaca hujan…. Lalu perjalanan penuh haru biru ini pun ditutup dengan kepuasan batin setelah puas bersepeda sambil memanjakan diri sendiri akibat kesal hati :p

Teruslah menangis, tapi jangan sampai air matamu habis. Masih banyak hal-hal yang perlu kamu tangisi. Lelaki menangis ? boleh saja, asal jangan sampai melebihi wanita. Lelaki boleh gampang terharu, tapi lelaki mau tak mau harus menjadi sosok yang dapat dicontoh oleh wanita. Selalu bersikap tegar dan menangislah dengan gagah. Karena wanita tidak melarang para lelaki  menangis.
Sudah ya, mau meratapi nasib dulu
:”)

No comments:

Post a Comment

orang ngebacot