Monday, January 28, 2013

Another SWAG


Hari ini saya ngampus karena desakan tugas yang diberikan dari mentor atau guru atau dosen atau suhu atau apalah itu sebutannya sebagai orang yang bisa mengajar dan berbagi ilmu kepada manusia lain, untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang beliau berikan kepada saya. Jadi tadi online diperpus kampus dan lumayan lama, dari jam setengah 10 sampe jam setengah 12 saya online cari jawaban tugas itu. Nyari tugasnya sih bentar, tapi online-nya yang lama muehhehehe. Lalu pas udah kelar dari perpus itu, saya langsung ke ruang akreditasi jurusan dan bertemu dengan teman-teman yang udah lama gak ketemu, karena udah ga pernah kuliah lagi. saya ketemu Julia, Adnan, Mahendra. Mereka bertiga ngampus karena abis daftar kompre. Busyeeeet, nyali saya belum siap buat daftar ujian kompre itu karena persiapannya juga masih NOL. Heheheh, lalu ada juga Retnia yang super sibuk dengan kewajibannya sebagai asisten dosen. Jadilah kita ber-empat yang lagi suntuk dan kelaperan, pergi buat makan siang buat sekedar mengisi perut yang keroncongan.

Saya, Julia, Adnan, dan Retnia yang ikutan makan di SS Spesial Sambal. Kita makan sambil ngobrol-ngobrol, macem konsultasi gitu sama dosen. GILE MEN, si Retnia udah lulus kompre dalam sekali ujian. Udah gitu dosen pengujinya tergolong dosen yang DEWO se-FE. Gausah nyebut nama dosen ya, nanti bisa berabe. Dia bisa lulus dalam sekali dan itu wajar sih, wong dia juga orangnya pinter sih. Belum tentu klo orang lain ujian sama dosen yang sama, bisa lulus dalam sekali ujian. Kebanyakan sih susah lulusnya =_=. Lalu kita asyik makan sambil ngalor-ngidul ngomongin soal skripsi, soal dosen, sampe cerita pengalamannya si Retnia yang udah pas banget buat jadi calon dosen. Hehhehhee. Dan pas udahan makan, saya yang lagi ngobrol sama Retnia, tiba-tiba dia nyeletuk “kamu kok sekarang pendiem sih, biasanya kan loncat-loncat ketawa teriak, masang status aneh-aneh di facebook” ya pokoknya itulah intinya yang saya inget.

Pas dia ngomong gitu, saya cuman diem aja cengar-cengir najis. Karena dia gatau aja sebenernya saya ini orangnya gimana, huehhehee. Yang diliat dari luar emang saya yang urakan dan pecicilan, dulu pas jaman-jaman semester awal. Emang keliatan banget saya ga bisa diem, tapi hal ini cuman berlaku sama lingkungan yang emang saya nyaman. Klo di lingkungan yang saya gak nyaman, saya bakalan diem dan memasang sikap pendiem dan cuek. Maklum sih Retnia ngomong begitu, karena kita udah lama ngampus bareng dan pernah satu organisasi juga. klo dia bilang sekarang saya pendiem, ya emang pendiem sih dari dulu. Walopun saya gak ngetwit atau gak online, tapi saya tau dan saya mengamati keadaan timeline dan newsfeed buat tau kabar apa yang terbaru di tengah pergaulan masa kini *cailah. Saya pendiem di dunia maya, bukan karena apa-apa sih. Emang mau menjaga diri aja supaya gak kelewat pecicilan dan gak keliatan urakan kayak dulu. Dulu bisa tereak-tereak sama ketawa di kelas atau di sekre sampe orang-orang pada heran, tapi sekarang udah jarang. Lah wong ngampus aja juga udah jarang :p

Klo dikosan ya emang udah  tabiatnya saya ngelakuin hal yang aneh-aneh. Anak kosan mah udah pada apal kelakuan apa aja yang pernah saya perbuat demi buat menghibur diri atau sekedar mengekspresikan kesenangan atau kesedihan *ini ciyus loh* didalam satu kepribadian, terdapat dua sisi sikap yang saya juga gatau kenapa ini bisa terjadi. Kadang saya bisa pendiem banget, dan kadang saya bisa pecicilan banget. tergantung situasi dan kondisi sih sebenernya. Dan lagi ada satu hal yang mau saya omongin, jangan pernah menjudge saya dari isi twit saya. Karena kebanyakan saya ngetwit hal-hal yang gak penting dan koplak. Kenapa masih banyak orang yang berpikiran serius setiap kali saya ngomongin hal becandaan dan cuman buat guyonan ? makanya intensitas peredaran saya klo banyak orang-orang rese yang bikin males, saya bakalan gak ngapa-ngapain. Cenderung exit, dan malah kepo-in orang-orang yang sepantasnya buat dikepo. Hahhaha, tai dah. Bukan tipe fans yang terlalu ngebet sama artisnya juga, jadi saya ga selalu update tentang kabar-kabar artis yang saya idolakan.

Cenderung menjaga diri supaya gak terlalu terikat dan terjebak dalam lingkaran fans karena sebenarnya saya males buat jadi fans karbitan yang sedang marak sekarang ini. Gara-gara ngomongin fans, saya jadi pengen ngomongin hal yang daridulu udah saya pengen limpahin ke massa. Jadi nih ya, karena sekarang udah abad 21, dan banyak banget artis-artis lokal maupun internasional yang menggelar konser di dalem negeri. Tidak sedikit remaja-remaja yang cenderung masih usia sekolah buat mengikuti euphoria ini. Gak salah sih klo mereka emang bener-bener fans sejati dari artis itu. Tapi saya rada gedek juga klo menemukan fans karbitan yang kayaknya prestisenya di kalangan music anak muda bakalan naik derajat klo dia datengin konser yang paling baru, padahal artis yang konser adalah artis lama dan fans karbitan itu cuman ikut-ikutan. Palingan juga taunya cuman seberapa, ga apal nama personilnya. Dan baru tau ada artis itu gara-gara mereka mau konser.
Masalah buat LO ? *kalo mereka baca ini blog*

Ga masalah sih, kalian kan punya duit dan duit itu bisa kalian pake buat nonton konser apapun sesuka hati. Pengalaman nonton konser saya emang minim dan saya jarang dateng ke konser artis internasional. Maklum, kebanyakan artis yang saya idolakan kebanyakan artis lokal dan independent. Jadi kan murah klo mau dateng ke gigs mereka :p, tapi ada beberapa effort yang pernah saya lakuin cuman buat nonton konser yang pengen banget saya nonton. Sejauh ini, usaha saya yang paling keras ya pas buat dapetin tiket Java Rockinland 2009. Perhelatan festival music di tahun pertama ini bkin saya penasaran, dan line-up artisnya juga keren-keren. Padahal yang saya incer adalah panggung artis lokalnya, maklum artis internasionalnya bukan selera saya. Jadi perjuangan saya buat dapet tiket gratis ini lumayan bikin mpot-mpotan. Karena tahun pertama JRL dan kayaknya public masih belum antusias, jadi banyak disebar tiket gratis. Buat dapetin tiket gratis itu, saya mesti jadi fan dari sebuah fanpage di facebook dan mengundang teman-teman saya di facebook buat ikutan ngelike fanpage itu. Eh waktu itu jaman 2009 belom ada like fanpage, namanya apa yaa. Pokoknya mesti join di grup itu deh. Buat online facebook aja saya mesti bela-belain ke warnet terdekat dari rumah dan berhasil mengundang teman-teman saya buat join grup itu.

Lalu setelah gabung di grup fanpage, saya mesti mengaktifkan RBT dari artis yang saya lupa artisnya siapa. Saya aja ampe ga pernah nyoba nelpon Hp saya buat dengerin RBT yang saya daftarin. Bayangin aja, abis dari warnet itu saya lanjut ke tukang pulsa buat beli pulsa. Saat itu buat langganan RBT, perlu pulsa 9ribu klo ga salah. Dan setelah saya mengikuti syarat dan ketentuan buat ngedapetin tiket gratis itu, akhirnya saya dapet juga sms konfirmasi bahwa saya dapet tiket buat nonton JRL pertama di Indonesia hehehehhe XD bangga banget bisa nonton konser tapi ga bayar tiket. Udah cukup deh ceritanya, anak jaman sekarang kan hidupnya udah pada enak. Duit tinggal metik dari emak bapaknya, pengen nonton konser juga udah kayak nonton bioskop. Suka sama artis ya musiman, buehehhehe. Ini tulisan lancang juga, tapi saya gak maksud menyinggung teman-teman di pergaulan saya loh ya. Karena yang saya maksud remaja fans karbitan adalah orang-orang yang saya temukan di timeline tapi bukan teman-teman saya. Biasalah, kepo pas ada konser. Jadi kan tau mana fans beneran, dan mana yang fans asli. Buat fans beneran yang emang suka sama artisnya, saya malah kagum sama perjuangan mereka buat ngedapetin tiket demi nonton artis pujaannya. Gak sedikit juga temen saya yang fans beneran dan bener-bener berjuang buat nonton konser artis idolanya. Ini baru namanya fans, bukan fans karbitan macem ababil yang pengen bet dianggap gaul :p

Woooh, lumayan panjang yang ceritanya. Cuman mau ngeluarin unek-unek. Abis suka geregetan sama fans karbitan. Busyeeeeeet. Ngiri sih sama orang yang bisa kemana-mana bisa nonton konser,tapi kan opportunity cost-nya lumayan banyak buat ngorbanin sesuatu demi nonton konser beginian. Ada beberapa konser yang pengen banget saya datengin, cuman karena ga ada dana dan merasa bukan fans sejatinya mereka, saya jadi mengurungkan niat buat nonton mereka konser. Ada Foster The People, Owl City, The Cardigans, sampe Michael Learns To Rock. Yowis deh, sekarang kan hiburan bukan cuman konser artis internasional yang harga tiketnya aja bisa buat makan sebulan. Saya sih pilih hiburan  yang murah meriah, klo mau hiburan ya tinggal ke pameran terbaru di kota, atau ke tempat yang lagi ngadain acara talkshow/workshop. Saya sih penyuka semua jenis hiburan, tapi pilih-pilih juga sih klo dananya bikin kantong bolong :p gak jarang saya dateng ke perhelatan kebudayaan kayak festival, kirab, drama, teater, pokoke pementasan yang butuh dana minim atau mungkin gratis. Karena yang begini ini justru mesti dilestarikan, karena kalo bukan kita yang nonton, terus siapa lagi ??? mbahmu ?? mbah buyutmu ??? mbah kakungmu ???

Udahan ah, omongan saya kayak orang bener aja. pesen saya cuman satu, kalo punya duit jangan dibuang sembarangan. Mendingan dipake buat hal yang berguna, *tsaheeelaaah berak massal dah. 

No comments:

Post a Comment

orang ngebacot